Kepala BP Batam Hadiri Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan BPK RI

Kepala BP Batam Hadiri Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan BPK RI

Kepala BP Batam Muhammad Rudi menghadiri Entry Meeting yang diselenggarakan BPK RI. (Foto: dok.BP Batam)

Batam, Batamnews - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menyelenggarakan Entry Meeting atas Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Tahun 2022 pada Kamis (9/2/2023).

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, turut hadir dalam acara tersebut bersama dengan beberapa lembaga dan pemerintah daerah lainnya. Dalam acara ini, mereka menerima langsung surat tugas pelaksanaan pemeriksaan dari BPK RI di Auditorium BPK RI, Jakarta Pusat.

Hadir pula Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas, dan Anggota V BPK RI Ahmadi Noor Supit.

Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI Slamet Kurniawan menyatakan bahwa entry meeting ini menandai dimulainya pelaksanaan pemeriksaan laporan keuangan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Tahun 2022.

Baca juga: Bangkitkan Ekonomi, Kepala BP Batam Dukung Ekspansi PT Austin Engineering di Kawasan Kabil

“Entry meeting ini adalah bentuk komunikasi awal BPK dengan Kementerian/Lembaga,” katanya.

BPK melakukan pemeriksaan laporan keuangan setiap tahun dan bersifat mandatori. Tujuannya adalah untuk menilai kewajaran informasi keuangan yang terdapat dalam laporan tersebut.

Anggota V BPK RI Ahmadi Noor Supit mengatakan bahwa BPK ingin hadir sebagai rekan yang baik dalam melakukan pemeriksaan dan tidak ingin mematikan pengusaha baru.

“Saya sudah briefing pemeriksa, bahwa jangan sampai menunjukkan muka yang menakutkan saat memeriksa,” ungkapnya.

Baca juga: BP Batam Rombak Sejumlah Pejabat, Salah Satunya Dirut BU SPAM

Ia juga ingin, BPK sebagai lembaga pemeriksa keuangan tidak mematikan pengusaha yang baru memulai. “oleh karena itu,  perlunya BPK untuk mendalami pemeriksaan pada temuan-temuan tersebut,” tegasnya.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi menyatakan akan mendukung seluruh proses pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK RI. Ia berharap BP Batam dapat mempertahankan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dalam pelaksanaan pemeriksaan tahun ini.

BP Batam menjadi salah satu dari entitas yang hadir bersama 4 Badan Kepegawaian, 15 Provinsi, dan 267 Kabupaten/Kota.

Turut hadir mendampingi Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan Wahjoe Triwidijo Koentjoro; Kepala Satuan Pemeriksa Intern Konstantin Siboro; Kepala Biro Keuangan Siswanto; Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol Ariastuty Sirait serta Kepala Kantor Perwakilan Jakarta Purnomo Andiantono.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews