Ada dari Kalimantan, Berikut Daftar 7 Kota di Dunia yang Paling Meriah Rayakan Imlek

Ada dari Kalimantan, Berikut Daftar 7 Kota di Dunia yang Paling Meriah Rayakan Imlek

Singkawang menjadi salah satu kota di Indonesia yang selalu meriah saat perayaan Imlek. (Foto: KOMPAS.com/WASTI SAMARIA SIMANGUNSONG)

Jakarta - Imlek atau Tahun Baru China merupakan salah satu perayaan terbesar di dunia. Di berbagai belahan dunia, perayaan Imlek bakal terlihat, mengingat etnis Tionghoa banyak terdapat di berbagai negara.

Ketika perayaan Imlek, kamu akan menyaksikan karnaval hingga atraksi dengan hiasan dan ornamen berwarna merah dan emas. Di Indonesia, perayaan Imlek pun berlangsung meriah dan merupakan hari libur nasional dalam kalender.

Tahun ini, perayaan Imlek jatuh pada tanggal 22 Januari 2023. Banyak kota di dunia yang turut merayakan Imlek dengan sangat meriah, sehingga tidak jarang mengundang wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Berikut deretan kota di dunia yang paling meriah rayakan Imlek.

1. Beijing

Beijing merupakan ibu kota China, yang tentu bakal menggelar perayaan paling besar dan meriah di dunia. Perayaan Imlek di China adalah tentang keluarga, maka warga di sana banyak yang berkumpul bersama keluarga saat Imlek. Meskipun kasus Covid-19 di sana tengah melonjak, tapi angka mudik warganya saat Imlek begitu tinggi.

Salah satu perayaan yang khas dan tidak ada di tempat lain berlokasi di Ditan Temple Fair. Di sini, kita bisa melihat replikasi upacara tradisional dan suci khas era dinasti Qing (1636-1911). Upacara ini dilakukan untuk berdoa memohon atas kemakmuran dan kedamaian.

2. Hong Kong

Pada perayaan tahun baru Cina, setiap sudut Hong Kong yang khas metropolitan akan menjelma bernuansa Imlek. Di sini kita bisa melihat bagaimana Imlek dirayakan dengan perpaduan nuansa kontemporer.

Pusat perayaan Imlek di Hong Kong akan ada di dua lokasi utama, yaitu Victoria Harbor dan jalanan Tsim Sha Tsuji. Di Victoria Harbor, kita akan bisa melihat pertunjukan khas kawasan ini, lampu dan kembang api, sedangkan Tsim Sha Tsuji, kita akan melihat parade khas Imlek dengan berbagai pertunjukan tarian, seni bela diri, juga penampilan artis-artis lokal, sembari tentu saja menikmati makanan dari kedai-kedai pinggir jalan.

 

3. Sydney

Ketika Imlek, Sydney menjelma menjadi kota yang penuh warna dan lampu. Lampion-lampion menghiasi banyak sudut kota, banyak pertunjukan seni jalanan, dan yang paling penting, banyak berdiri pedagang makanan.

Pusat perayaan Imlek di Sydney ada di Chinatown dan salah satu kegiatan yang paling ramai ditonton adalah dragon boat race. Para pendayung akan beradu kecepatan dalam sampan naga sepanjang 12 meter dilengkapi tabuhan drum di setiap sampan. Acara ini akan diadakan di Darling Harbor.

4. Los Angeles

Perayaan Imlek di Los Angeles, Amerika Serikat, biasanya diawali dari salah satu kelenteng pada tengah malam tahun baru. Lalu, seluruh Kota Los Angeles bakal menjadi tempat pesta di mana kamu bisa melihat festival.

Pengunjung akan bisa bermain games-games seru, melihat penampilan tarian tradisional Cina, makan-makan dengan berbagai menu street food yang dahsyat, sampai main petasan.

5. San Francisco

Perayaan Imlek di San Francisco, Amerika Serikat, tak kalah meriah dari Los Angeles. Di San Francisco, terdapat salah satu parade Imlek paling meriah di dunia. Jangan lupa untuk bawa kamera karena kita akan bisa melihat parade barongsai dengan naga yang sangat panjang, dragon boat yang diarak keliling kota, juga pemandangan khas karnaval lainnya.

6. London

Pusat perayaan Imlek di London ada di Trafalgar Square, Chinatown, dan Shaftesbury Avenue. Acara utama akan mulai sekitar pukul 12 siang di Trafalgar Square di mana ada panggung utama yang menampilan tarian dan pertunjukan music tradisional Cina, juga beberapa pertunjukan kontemporer.

Tersedia banyak food truck ketika perayaan Imlek berlangsung, sementara untuk restoran China dengan menu yang spesial ada di daerah Chinatown. Di Shaftesbury Avenue, pengunjung dapat menonton pertunjukan seni bela diri tradisional China.

 

7. Singkawang

Kota Singkawang di Kalimatan Barat selalu meriah saat perayaan Imlek, bahkan semakin semarak pada 15 hari setelah Imlek yakni perayaaan Cap Go Meh. Singkawang akan dihiasi lampion dan pernak-pernik khas Imlek dengan warna merah dan emas mendominasi.

Kamu bisa menyaksikan atraksi barongsai dengan gerakan tarian yang menantang, dan juga bisa melihat berbagai macam seni bela diri di Singkawang.

Yang paling terkenal, ketika para peserta parade menyayatkan pedang dan senjata tajam lainnya ke tubuh mereka, tanpa terluka. Wisatawan mancanegara banyak berminat datang ke Singkawang ketika perayaan Imlek.

(ruz)
Komentar Via Facebook :