Donasi Batam untuk Korban Gempa Cianjur Terkumpul Rp 2,5 Miliar, Dinsos: Untuk Bangun Fasum

Donasi Batam untuk Korban Gempa Cianjur Terkumpul Rp 2,5 Miliar, Dinsos: Untuk Bangun Fasum

Pelaku pariwisata, jurnalis, musisi jalanan hingga seniman di Kota Batam galang dana untuk korban gempa Cianjur. (Foto: Juna/batamnews)

Batam, Batamnews - Donasi yang dikumpulkan oleh Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mencapai Rp 2,5 miliar. 

Saat ini, Pemko Batam sedang menyiapkan skema penyaluran bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur. 

Plh Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Leo Putra menjelaskan bahwa bantuan diberikan bukan dalam bentuk uang tunai, melainkan bangunan fisik yang akan dibangun sesuai kebutuhan warga Cianjur yang terdampak gempa. 

“Jadi dari hasil rapat dengan pimpinan (wali kota,red) disimpulkan bahwa bantuan diberikan dalam bentuk fisik,” ujar Leo, Sabtu (21/1/2023). 

Baca: Musisi-Pelaku Pariwisata di Batam Kumpulkan Donasi Untuk Cianjur

Oleh karena itu, beberapa waktu lalu, tim dari Dinsos telah melakukan survei awal ke lokasi bencana di Cianjur. Adapun survei ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan hal-hal apa saja yang dibutuhkan. 

Hasilnya diketahui, bahwa masyarakat di Cianjur membutuhkan tempat ibadah, Mandi Cuci Kakus (MCK), Air dan berbagai fasilitas umum lainnya. 

“Kalau sekolah, puskesmas dan lainnya sudah dibangun oleh pemerintah setempat,” katanya. 

Setelah survei dilakukan, Pemerintah Kota Batam kemudian menyurati Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk dilakukan pendampingan selama proses pembangunan fasilitas umum tersebut. 

“Sudah kami surati, nanti pihak mereka (Pemkab Cianjur) yang akan mendampingi proses pembangunan fasum yang dibutuhkan saat itu,” kata dia.

Baca: Pelaku Seni Hingga Musisi di Batam Ngamen untuk Korban Gempa Cianjur

Mengenai donasi yang terkumpul, Leo menyebut dana tersebut berasal Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Batam yang nominalnya hampir mencapai Rp 1 miliar, kemudian dari kecamatan, dari masyarakat umum melalui komunitas-komunitas, dan dari perusahaan. 

“Semoga dalam waktu dekat ini, proses pembangunan fasum di Cianjur bisa terlaksana dengan baik, dan ini berkat para donatur yang telah memberikan donasi melalui kami,” ucapnya.

(ret)
Komentar Via Facebook :