Curhat Shin Tae-yong Usai Indonesia Gagal Juara Piala AFF 2022: Saya Sangat Kecewa!

Curhat Shin Tae-yong Usai Indonesia Gagal Juara Piala AFF 2022: Saya Sangat Kecewa!

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: Viva)

Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berbicara panjang lebar kepada Media Korea Selatan, Naver.com, usai Tim Garuda gagal di Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia tersingkir di semifinal Piala AFF 2022 usai kalah agregat dari Vietnam. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun mengungkapkan kekecewaannya gagal membawa Indonesia juara Piala AFF 2022.

"Sejujurnya, saya sangat kecewa dengan hasil dan situasi ini. Saya akan mengatakannya lagi, tetapi pelatih adalah orang yang bertanggung jawab, jadi saya tidak berusaha menghindarinya," ucap Shin Tae-yong dikutip dari Naver.com.

Shin Tae-yong menilai performa Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022 tidak buruk, meski mereka gagal karena kesalahan sendiri.

"Di Piala AFF 2022 ini, kami 'menendang' diri sendiri. Performanya sendiri tidak buruk. Kecuali untuk leg kedua semifinal melawan Vietnam. Tak banyak diketahui, Liga Indonesia sempat ditangguhkan selama kurang lebih dua setengah bulan. Memang menyakitkan memikirkan hal itu, tetapi dalam hal performa, sulit bagi para pemain untuk mempertahankan sense of the game," kata STY.

"Menjelang Piala AFF, tim beraksi tanpa satu pun pertandingan persahabatan. Para pemain tampil baik dalam program latihan, tetapi mengharapkan pertandingan pertama menjadi yang paling sulit. Di gim pertama dan kedua, sudah menjadi strategi untuk membidik game berikutnya sekaligus meningkatkan performa," ucap STY menambahkan.

Namun, STY mengaku sangat terkesan karena mendapat kesempatan untuk melatih Timnas Indonesia yang punya suporter luar biasa.

"Indonesia luar biasa. Saya tidak pernah mendengar nama pelatih diteriakkan saat bermain sepak bola. Fans kami selalu meneriakkan nama saya ketika saya masuk dan keluar stadion. Mendengar suara itu membuat saya merinding. Keinginan untuk membalas dukungan mereka semakin tumbuh. Tidak ada penggemar seperti ini di mana pun. PSSI juga memberikan kepercayaan yang tak tergoyahkan," ucap STY.

"Sehubungan dengan itu, saya minta maaf karena saya tidak dapat membawakan Anda (suporter Indonesia) Piala AFF kali ini. Para pemain melakukan yang terbaik, tetapi jika saya memimpin lebih baik, saya bisa membawa piala yang diinginkan fans ke Indonesia. Saya sangat ingin memenangkan kejuaraan demi mereka yang dikorbankan dalam bencana, tetapi saya tidak bisa. Sekali lagi, saya menyampaikan belasungkawa kepada para korban dan keluarganya," ujar Shin Tae-yong.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews