Thailand vs Vietnam di Final Piala AFF 2022, Indonesia Disindir

Thailand vs Vietnam di Final Piala AFF 2022, Indonesia Disindir

Park Hang-seo

Jakarta - Duel sengit Thailand vs Vietnam akan tersaji pada leg kedua final Piala AFF 2022. Indonesia kena sindir atas kekalahannya di semifinal.

Leg kedua final Piala AFF 2022 akan berlangsung malam nanti. Thailand akan menjamu Vietnam di Stadion Thammasat, Phatum Thani, Senin (16/1/2023).

Sebelumnya, kedua tim berimbang 2-2 pada leg pertama, yang berlangsung di Hanoi, Jumat (13/1/2023). Leg kedua diprediksi akan berjalan ketat.

Baca juga: Jadwal Final Leg Kedua Piala AFF 2022, Thailand Punya Kans Bagus

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, kembali menebar psywar kepada Thailand jelang leg keduanya. Pria asal Korea Selatan itu menantang Thailand untuk menang, bukan mengejar hasil imbang memanfaatkan aturan gol tandang.

"Tim Thailand dan [Alexandre] Polking mungkin tidak ingin meraih hasil seri untuk memenangkan kejuaraan seperti itu. Mereka harus bertekad untuk menang," kata Park Hang-seo, dilansir media Vietnam, Thanh Nien.

Komentar itu dinilai menjadi bentuk serangan psikologis dari Park Hang-seo untuk Thailand. Thanh Nien membandingkan psywar itu dengan komentar Shin Tae-yong, pelatih Indonesia, di semifinal.

Baca juga: Barcelona Juara Piala Super Spanyol Usai Bungkam Madrid 3-1

Sebelumnya, Vietnam bisa menyingkirkan Indonesia di semifinal. Setelah berimbang 0-0 di Senayan, Vietnam menang 2-0 di Hanoi dan maju ke final.

Di leg kedua, Shin Tae-yong sempat melontarkan psywar juga kepada Vietnam sebelum bertanding. Ia menyebut sepakbola Indonesia lebih baik dari Vietnam, yang nyatanya berakhir dengan kekalahan bagi skuad Garuda.

Kekalahan itu membuat media Vietnam kini menyindir Indonesia. Jelang leg kedua final bergulir, Thanh Nien menyebut ucapan psywar Shin Tae-yong cuma omong kosong, tak seperti psywar Park Hang-seo ke Thailand. Sepakbola Indonesia disebut tak punya bukti bisa lebih baik dari Vietnam.

 

"Berbeda dengan pelatih Shin Tae-yong yang mengklaim bahwa "sepakbola Indonesia setara dengan Vietnam" tanpa bukti apapun (selain ucapan yang bersemangat), Pelatih Park Hang-seo memiliki cukup alasan untuk percaya diri," tulis Thanh Nien.

Park Hang-seo memang punya rekor apik saat melawan Thailand, khususnya di markas lawan. Menurut data Thanh Nien, Park Hang-seo sudah dua kali membawa Vietnam bertanding di Thailand, dengan rincian sekali menang dan sekali imbang, serta belum pernah kebobolan.

Park Hang-seo sendiri memang bertekad merebut gelar juara Piala AFF 2022. Sebab, ini menjadi ajang terakhirnya melatih Vietnam, lantaran kontraknya akan habis usai turnamen.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews