Enam Korban Tabrakan Tanker Belum Ditemukan

Enam Korban Tabrakan Tanker Belum Ditemukan

Sejumlah anggota Basarnar melakukan persiapan pencarian korban tenggelam tabrakan kapal tanker di perairan Batam. (Foto: Edo/BATAMNEWS)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Tim gabungan dari Badan Sar Nasional (Basarnas), TNI Angkatan Laut, Polisi Perairan (Polair) Polda Kepri, dan Bakamla masih melakukan pencarian terhadap 6 anak buah kapal (ABK) kapal tanker (ABK) MT Thorco Cloud V2FU6.

Namun sejauh ini belum satupun korban yang berhasil ditemukan.

Petugas Dinas Perhubungan Laut sudah memasang memasang tanda rambu suar berwarna kuning, dengan lampu berwarna kuning dan biru dan interval 1 detik, di lokasi tenggelamnya kapal.

Rambu suar itu berfungsi sebagai tanda bagi kapal yang melintas. Pada koordinat 0112.7771-6 utara, 103.54848-2 timur.

Kepada Basarnas Provinsi Kepri Abdul Hamid mengatakan, korban masih dicari. 

Pencarian masih membutuhkan waktu hingga tujuh hari kedepan. Pencarian siang tadi belum sampai kepada pencarian ke dalam laut atau penyelaman.

"Untuk saat ini, misi pencarian sampai H-7, untuk pencarian dalam laut belum kita lakukan, begitu prosedur dan wewenangnya,” ujar Abdul Hamid di kapal SAR Tanjung Pinang 1 saat meninjau lokasi terjadinya kecelakaan kapal, Jumat (18/12/2015).

 

Belum selami

Danlanal Kota Batam, Kolonel Laut Ribut Eko Suyatno, mengatakan kalau untuk misi turun ke bangkai kapal belum dilakukan.

Hal itu mengingat yang bermasalah dengan kejadian, masih dalam proses Dinas Perhubungan.

"Yang bermasalah dengan ini, masih ditangani oleh dinas perhubungan Batam, jadi untuk turun ke bangkai kapal belum dilakukan," paparnya.

Menurut dia, penyelaman ke bangkai kapal, masih menunggu Dinas Perhubungan.

Kapal tanker itu memiliki pada saat kejadian terdapat 12 orang ABK. Sebanyak 6 orang berhasil selamat. Mereka sudah berada di Singapura.

"Untuk 6 orang lagi, masih dalam pencarian, dan mengembangkan informasi dari 6 orang yang selamat," ujar Kolonel Laut Ribut Eko Suyatno.

Sementara itu di lokasi kejadian, tak ada lagi terlihat bangkai kapal. Sudah keseluruhan bangkai kapal tenggelam ke dasar laut.

Terlihat juga tumpahan minyak di sekitar lokasi kejadian. Lokasi kapal tenggelam itu merupakan jalur pergerakan kapal-kapal tanker. 

Kapal tanker Thorco tenggelam setelah mengalami tabrakan dengan kapal tanker MT Stolt Commitment di sekitar perairan Batam dan Singapura. 

 

[edo]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews