Perusahaan Konveksi Terkemuka Naikkan Gaji Karyawan Hingga 40 Persen

Perusahaan Konveksi Terkemuka Naikkan Gaji Karyawan Hingga 40 Persen

Ilustrasi. (Foto: via Gadjian)

Tokyo - Perusahaan induk Uniqlo, Fast Retailing, mengumumkan akan menaikkan gaji ribuan karyawannya di Jepang hingga 40 persen untuk membantu membuat perusahaan lebih kompetitif secara global.

Kenaikan gaji akan mempengaruhi sekitar 8.400 karyawan tetap dari 56.000 yang bekerja untuk perusahaan induk Fast Retailing di Jepang. Demikian dilansir AFP.

Namun, kenaikan gaji bervariasi berdasarkan kategori staf, dengan karyawan yang baru bergabung dengan perusahaan cenderung mengalami kenaikan kurang dari 20 persen.

Sedangkan mereka yang berada di posisi manajemen atau lebih berpengalaman akan menerima kenaikan pendapatan hingga 40 persen lebih per tahun.

Baca: Gaduh Gaji Rp5 Juta Kena Pajak, Ini Hitungannya

Dalam pernyataannya, Fast Retailing mengatakan bahwa dengan kenaikan upah diharapkan akan mengarah pada 'pertumbuhan individu' dan selanjutnya, 'memberikan daya saing global yang lebih besar'.

Selain kenaikan gaji, penyesuaian lain juga akan dilakukan seiring dengan pengumuman gaji karyawan paruh waktu tahun lalu, yang akan membuat biaya staf Fast Retailing di Jepang meningkat sekitar 15 persen.

Langkah itu diambil saat inflasi Jepang mencapai 3,7 persen pada November, angka tertinggi sejak 1981, selain seruan Perdana Menteri Fumio Kishida agar pengusaha memberikan upah yang lebih tinggi.

Baca: KFC Buka Lowongan Kerja Nih, Gajinya Capai Rp 6,5 Juta

Namun, Fast Retailing tidak mengaitkan keadaan ekonomi Jepang ketika perusahaan mengumumkan kenaikan gaji tersebut, malah mengatakan bahwa gaji tersebut didasarkan pada kriteria 'penyesuaian global'.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews