Wali Kota Ahmad Dahlan Bentuk Tim Cari Makam Nong Isa

Wali Kota Ahmad Dahlan Bentuk Tim Cari Makam Nong Isa

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan berkunjung ke Makam Keluarga Nong Isa di Kecamatan Nongsa, Batam. (Foto: Humas Batam)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Makam Nong Isa hingga kini masih misteri. Keberadaan makam tokoh pemerintahan Batam yang konon hidup ratusan tahun lalu itu hingga saat ini belum ditemukan.

Hanya saja makam zuriat atau keturunan Nong Isa saat ini berada di Kecamatan Nongsa, Kota Batam.

Nong Isa diyakini sebagai kepala pemerintahan Batam pada masa silam.

Pemko Batam pun saat ini berupaya mencari makamnya namun tak berhasil. Tim pencari makam Nong Isa pun akhirnya dibentuk.

Tim diketuai Asisten Sekretariat Daerah Kota Batam, sedangkan Ketua Harian yang ditunjuk adalah Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman serta anggota Lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah.

“Kita belum menemukan fisik makam Nong Isa. Yang di atas kita ziarahi itu zuriatnya (saudara,keturunan). Nongsa Isa nya tidak ada tanda-tanda,” kata Walikota Batam, Ahmad Dahlan, saat acara doa bersama Zuriat Nong Isa di Masjid At-Taqwa Kampung Nongsa Pantai, Kamis (17/12).

“Semua makam raja-raja ada jejak semua. Kalau Nong Isa ini tidak ada penanda,” ujarnya.

Dahlan mengatakan belum ditemukannya makam Nong Isa bukan karena lokasi makam yang disebut-sebut berada di kawasan resort. 

Kalaupun jika nantinya berlokasi di kawasan resort, Dahlan yakin pihak pengelola tidak berkeberatan untuk diadakan kegiatan ziarah di sana.

“Kalau terkait heritage (peninggalan budaya), mereka welcome, care,” tutur Dahlan seperti dikutip media centre.

Ketua Perhimpunan Zuriat Raja Riau Lingga, Raja Gani menjelaskan bahwa awalnya ada tiga lokasi pemakaman di Kawasan Nongsa. Dibedakan menjadi makam para penghulu, orang biasa, dan mereka yang memiliki gelar kesultanan.

“Kalau dari cerita-cerita, makam Nong Isa itu ada di Hulu Sungai. Tapi bukan yang dipindahkan karena yang dipindahkan itu yang ada di ujung bawah sungai. Sementara yang sebelah atas banyak yang jatuh ke laut,” cerita generasi ke lima Zuriat Nong Isa ini.

 

[snw]

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews