Fakta-fakta Menarik Jelang Indonesia vs Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022

Fakta-fakta Menarik Jelang Indonesia vs Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022

Piala AFF 2022. (Foto: via detikcom)

Jakarta - Duel Indonesia vs Vietnam akan segera tersaji dalam laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 hari ini, Jumat (6/1/2023) pukul 16.30 WIB. Terdapat beberapa fakta menarik jelang laga yang akan kick-off di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, tersebut.

Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai runner-up Grup A di bawah Thailand. Tim asuhan Shin Tae-yong mengoleksi 10 poin hasil dari tiga kemenangan dan sekali imbang.

Sejatinya, perolehan poin skuad Garuda dengan Thailand adalah sama banyak. Namun, tim Gajah Perang berhak memuncaki klasemen karena unggul selisih gol +11 berbanding +9 milik Garuda.

Di sisi lain, Vietnam lolos ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai juara Grup B. Mereka tampil perkasa di babak penyisihan dengan mengoleksi 10 poin hasil dari menang tiga kali dan sekali imbang.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Indonesia Vs Vietnam di Semifinal Leg Pertama Piala AFF 2022

Hebatnya, Vietnam mampu mengemas 12 gol di fase grup dan tidak sekalipun kebobolan oleh lawan-lawannya.

Timnas Indonesia menatap laga ini dengan tekanan cukup besar mengingat mereka tidak pernah menang dari Vietnam sejak akhir Desember 2016.

Meski demikian, terdapat juga aura optimis dalam skuad Garuda mengingat mereka punya catatan impresif ketika menghadapi The Golden Star Warriors di Piala AFF.

Tercatat, mereka cuma satu kali kalah dalam 10 pertemuan terakhir dengan Vietnam. Bahkan, Timnas Indonesia belum pernah kalah dari Vietnam di Piala AFF dalam 26 tahun terakhir setelah tumbang 2-3 pada 15 September 1996 lalu.

Selanjutnya....

 

Berikut sejumlah fakta menarik jelang pertandingan Indonesia vs Vietnam:

  • Indonesia dan Vietnam sudah bertemu sebanyak 25 kali dengan skuad Garuda mencatatkan delapan kemenangan berbanding tujuh milik The Golden Star Warriros, serta sisanya berakhir imbang.
  • Kemenangan terakhir Indonesia atas Vietnam terjadi di leg pertama semifinal Piala AFF 2016 (2-1). Sejak itu, Golden Star Warriors tidak terkalahkan dalam empat pertandingan melawan mereka.
  • Pertemuan terakhir Indonesia dan Vietnam, terjadi pada Desember 2021, berakhir imbang 0-0.
  • Indonesia dan Vietnam sama-sama mencetak 12 gol di fase grup Piala AFF 2022, cuma kalah dari Thailand (13).
  • Vietnam menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan, sementara Indonesia kebobolan tiga gol di babak grup Piala AFF 2022.
  • Ini merupakan babak semifinal Piala AFF kelima beruntun yang dimainkan Vietnam, sementara Indonesia dua kali beruntun.
  • Indonesia tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan terakhirnya, menang enam kali, sedangkan Vietnam tanpa kekalahan dalam 10 pertandingan, menang delapan kali.
  • Vietnam mencatatkan clean sheet dalam lima pertandingan terakhirnya, sementara Indonesia hanya mencatatkan satu clean sheet dalam enam pertandingan terakhirnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews