10 Cara Meningkatkan Privasi Internet Anda

10 Cara Meningkatkan Privasi Internet Anda

Ilustrasi

PRIVASI internet dapat didefinisikan sebagai kemampuan menyediakan perlindungan atas kerahasiaan data seorang pengguna. Ya, tentu saja data-data Anda dan bahkan identitas Anda sendiri tidak ingin diketahui oleh siapapun tanpa persetujuan dari Anda sendiri. Anda berusaha menjaga privasi Anda di dunia maya agar Anda bisa mendapatkan lebih banyak kenyamanan.dan keamanan saat menggunakan jaringan.internet.

Jika Anda tertarik untuk mengecek informasi akan jaringan internet yang Anda gunakan, termasuk mencari tahu alamat internet protocol Anda, maka Anda dapat menggunakan tool Ip saya secara cepat dan gratis.

Berikut ini 10 cara meningkatkan privasi pada jaringan internet Anda sebagai berikut:

1. Menggunakan VPN

Tidak ada lokasi yang benar-benar aman di internet, dan semuanya dapat memiliki risiko peretasan oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu Anda perlu melindungi link lokal Anda, salah satunya dengan cara menggunakan VPN. VPN merupakan koneksi jaringan yang terenkripsi dari sistem Anda ke sistem lain yang berada di suatu tempat di dunia maya. Koneksi ini digunakan untuk menyalurkan semua komunikasi internet Anda melalui terowongan yang terenkripsi. Sebuah VPN bisa menyediakan Anda perlindungan lokal yang cukup baik dan
memberikan privasi online yang lebih baik.

2. Membuat Anda Anonim

Untuk menyembunyikan identitas Anda saat sedang online, Anda perlu menggunakan layanan anonimasi, yang akan membuat identitas Anda tidak diketahui Salah satunya dengan layanan TOR yang dapat digunakan secara gratis untuk menyembunyikan alamat IP Anda di komputer Anda. Meskipun begitu, layanan ini tidak sesimpel penggunaan VPN.

3. Lakukan Enkripsi Terlebih Dahulu

Apapun yang ditempatkan di internet dalam format yang tidak terenkripsi merupakan tanpa perlindungan dan di luar kontrol Anda. Hanya dengan enkripsi milik Anda, Anda dapat menentukan perlindungan dan mengontrol file-file data Anda. Pasalnya, saat sudah dienkripsi, file dapat ditempatkan di mana saja secara aman.

4. Batasi Jaringan Sosial

Jika pelacakan oleh orang-orang jahat atau cookies browser nampak mengkhawatirkan Anda, maka Anda juga perlu menyadari bahwa platform-platform jaringan sosial sedang melacak Anda. Ya, jaringan sosial mungkin mengumpulkan data demografis tentang Anda dan lalu menjualnya ke perusahaan pengiklan. Karena itu untuk meminimalisir risiko itu, Anda sekarang juga perlu membatasi dan menyesuaikan penggunaan aktivitas jaringan sosial Anda.

5. Buatlah Kata Sandi Aman

Salah satu cara untuk meningkatkan privasi online Anda adalah dengan penggunaan kata sandi yang panjang, rumit, dan acak. Anda bisa saja menggunakan sebuah pengelola kata sandi (password manager) supaya Anda tidak perlu lagi menghafal berbagai kata sandi Anda yang rumit ini. Bagaimanapun juga saat sebuah situs atau layanan menawarkan beberapa langkah untuk otentikasi pengguna, maka silahkan gunakan saja itu.

6. Buatlah Jawaban Untuk Pertanyaan Keamanan Seunik Mungkin

Saat ini tampaknya banyak situs mengharuskan Anda untuk menjawab beberapa pertanyaan keamanan. Ini merupakan pertanyaan yang harus Anda jawab ulang saat Anda mencoba memulihkan kata sandi Anda atau saat Anda membuat perubahan yang sensitif pada akun Anda. Oleh sebab itu, coba gunakan jawaban yang seunik dan sekreatif mungkin yang Anda pikir, bahwa Andalah satu-satunya yang mempunyai jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan keamanan itu.

7. Gunakan HTTPS Everywhere kapanpun

Salah satu cara yang simpel lainnya adalah Anda bisa menggunakan HTTPS Everywhere untuk semua hampir semua browser Anda. Dengan begitu, ini akan akan memastikan browser Anda meminta koneksi yang aman setiap kali Anda mengetik pada sebuah URL atau mengklik pada sebuah link.

8. Tetaplah Bersih Untuk Menjauhkan Malware

Anda tentu dapat memasang program pemindaian anti virus dan anti malware terbaru dengan mudah untuk memberikan proteksi pada privasi online Anda. Ya, malware bisa dikatakan sebagai ancaman serius lainnya pada privasi dan keamanan internet Anda. Silahkan gunakan program itu dan lakukan penjadwalan reguler untuk memindai seluruh aktivitas yang bisa diserang oleh malware baru.

9. Tekan logout Saat Berhenti Menggunakan Situs atau Layanan

Saat Anda berhenti menggunakan sebuah situs atau layanan, maka silahkan lakukan logout dengan baik. Para peretas mungkin saja mengambil alih kelalaian Anda untuk mencuri data-data sensitif Anda yang nantinya akan mengganggu privasi online Anda. Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan bahwa Anda membersihkan cookies Anda di setiap browser sedikitnya satu kali dalam seminggu.

10. Gunakan Jaringan Internet Pribadi Anda

Saat di tempat keramaian di mana jaringan Wifi gratis tersedia, maka Anda lebih baik menggunakan jaringan internet milik Anda. Misalnya saja saat Anda menggunakan laptop di
tempat umum, Anda lebih baik menghubungkan jaringan hotspot yang ada di ponsel pintar Anda daripada menghubungkannya dengan jaringan Wifi umum yang gratis.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews