Apa itu Game Cozy dan Bagaimana Manfaatnya?

Apa itu Game Cozy dan Bagaimana Manfaatnya?

Ilustrasi

SAYA yakin Anda belum mendengar istilah cozy games, bukan? Sebenarnya game-game cozy ini bukanlah suatu hal yang baru pada industri gaming, sebab para gamer di dunia termasuk di Indonesia tentu sudah lama banyak yang sudah memainkannya hingga saat ini. Hanya saja pada beberapa tahun belakangan ini, banyak pengembang game telah mencoba memperluas pengembangan game-game cozy, dan semakin populer penggunaannya saat banyak negara di dunia tengah menghadapi lockdown yang memicu tingkat stres luar biasa.

Selain game-game cozy, publik di tanah air juga sudah cukup lama mengenal permainan-permainan simpel lainnya seperti Scrabble Word Finder. Jenis game beradu strategi dalam penyusunan kata-kata bahasa Inggris secara tepat ini banyak membantu para pelajar untuk meningkatkan kemampuan kosakata mereka dalam bahasa Inggris. Saat ini, game-game Words with Friends bisa dimainkan secara online. Oleh karena itu, Anda dapat bermain dengan banyak pemain dari seluruh dunia dengan penuh keseruan dan kesenangan.

Lalu apa itu cozy games? Cozy games jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti game-game nyaman, di mana sebagian pengembang menganggap game ini merupakan
cabang dari game bergenre kehidupan sim yang dimainkan sejak tahun 80-an, sebelum munculnya The Sims di tahun 2000. Namun faktanya adalah cozy games ini secara umum dapat dianggap sebagai genre game yang menampilkan karakter-karakter lucu semisal karakter hewan yang bertingkah laku seperti manusia, atau manusia yang bertingkah laku seperti anak kecil yang terlibat pada berbagai aktivitas pemain. Mereka ini dapat melakukan kegiatan-kegiatan seperti bercocok tanam, berkebun, bersekolah, berkumpul, tumbuh dewasa dan sebagainya.

Namun tentu saja definisi cozy games itu ternyata jauh lebih luas dari sekedar aktivitas-aktivitas di atas. Sifat alami dari cozy game ini sebenarnya adalah membantu orang lain dengan menggunakan cara-cara yang mendidik, lemah lembut, penuh kebaikan, dan tentunya tidak mengandung unsur kekerasan.

Popularitas cozy game yang saat ini meningkat ternyata dimulai oleh rilisnya game Nintendo berjudul Animal Crossing: New Horizons, yang cukup menghebohkan para pemain di dunia saat terjadi pandemi Covid-19 yang lalu. Hal ini membuat game ini menjadi salah satu game yang paling menginspirasi sepanjang sejarah gaming di dunia.

Apa saja manfaat cozy games ini?

Sebenarnya manfaat terbesar yang bisa ditawarkan oleh cozy games adalah potensinya yang bisa memberikan kesehatan mental bagi para pemainnya. Ini dikarenakan sebagian besar cozy games itu dikembangkan oleh para developer untuk menjauhkan aspek- aspek kompetitif atau pertempuran dan pertarungan, dan oleh sebab itu bisa dijadikan opsi yang sempurna untuk pengembangan diri. Saat para pemain kalah pada sebuah cozy games, maka mereka tidak akan mengalami konsekuensi yang berat, dan karenanya akan lebih mudah mengistirahatkan pikiran mereka.

Dengan kata lain, para pemain tidak akan dituntut untuk harus menang pada suatu pertempuran misalnya dan tidak perlu merasa tertekan saat mereka mengalami kekalahan dari para lawan. Cozy games ini sangat cocok bagi para gamer yang ingin mendapatkan ketenangan, kedamaian, kenyamanan dan inspirasi dalam menjalani kehidupan mereka yang semakin sulit dan penuh tekanan.

Biasanya para pengembang cozy games akan mencoba memasukkan elemen-elemen kepribadian mereka yang santai dan rileks dalam menjalani hidup, dan bagaimana mereka memandang dunia ini secara damai dan penuh warna. Karena itu tak heran, mereka akan memasukkan unsur seni, musik, dan cerita yang mencerminkan indahnya kehidupan dunia yang bisa terungkap dari alur cerita pada cozy games tersebut.

Permainan-permainan seperti ini akan menyediakan kesempatan yang sempurna untuk mencapai prestasi di lingkungan yang bebas dari stres dan tekanan. Ini tentu saja baik untuk mengatur berbagai gejala kebingungan dan depresi yang mungkin terjadi pada kita. Cozy game secara mudah menjadikan para pemain lebih rileks dan optimis dalam menghadapi segala masalah di kehidupan, tanpa perlu berfokus terlalu dalam pada pencapaian status atau peringkat dalam permainan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews