Ketahui Deretan Makanan yang Bisa Sebabkan Lambung Bocor

Ketahui Deretan Makanan yang Bisa Sebabkan Lambung Bocor

Ilustrasi (Foto: via Hello Sehat)

Jakarta - Lambung ternyata bisa mengalami kebocoran. Kondisi ini dikenal dengan istilah media perforasi gastrointestinal. Banyak hal bisa menyebabkan lambung bocor. Salah satunya adalah makanan.

Selain oleh makanan, lambung bocor juga dapat disebabkan oleh sejumlah penyakit yang berbeda, termasuk di antaranya radang usus buntu. Maka dari itu, makanan penyebab lambung bocor berarti sama dengan makanan yang bisa memicu radang usus buntu. Berikut di antaranya.

1. Produk olahan daging

Produk olahan daging seperti nuget, sosis, hingga bakso kerap menyebabkan peradangan pada usus. Gara-garanya, kandungan seratnya yang dinilai rendah.

Serat adalah zat yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan agar dapat berfungsi dengan baik. Akibat kekurangan serat, organ pencernaan akan mengalami masalah yang bisa saja berujung pada radang usus buntu.

2. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng mengandung lemak yang tinggi dan bisa menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan. Konsumsi makanan tinggi lemak sangat dilarang jika Anda menderita radang usus buntu atau dalam periode pasca-operasi. Pasalnya, makanan jenis ini relatif lebih sulit dicerna.

3. Biji-bijian

Biji-bijian tergolong ke dalam jenis makanan yang sulit untuk dicerna oleh usus. Saat makanan sulit dicerna, otomatis makanan akan mengendap di dalam usus.

Jika terus dibiarkan hingga menumpuk, makanan yang mengendap dan semakin mengeras tersebut akan menutupi rongga yang ada pada usus buntu. Usus buntu pun akan mengalami peradangan yang memicu kondisi seperti lambung bocor.

4. Makanan pedas

Asupan makanan pedas bisa menimbulkan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan dapat menyebabkan rasa sakit yang parah di ulu hati.

Rasa sakitnya bisa sangat tidak nyaman sehingga bisa disalahartikan sebagai radang usus buntu atau usus buntu yang pecah.

5. Daging merah

Daging juga berpotensi menjadi makanan yang memicu radang usus buntu. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan daging terlebih dahulu kemudian masak sampai benar-benar matang sebelum Anda mengonsumsinya.

6. Makanan terlalu manis

Gula tambahan bisa berdampak buruk buat kesehatan. Pasalnya, gula dapat memicu diare dan memperburuk peradangan pada usus buntu.

Demikian beberapa makanan penyebab radang usus buntu, yang bisa membuat lambung bocor.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews