Benarkah Doyan Makan Nanas Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi?

Benarkah Doyan Makan Nanas Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi?

Ilustrasi buah nanas (The Washington Post via Getty Images)

Batam - Buah nanas menjadi favorit bagai banyak orang. Selain rasanya yang menyegarkan, nanas juga dikenal sebagai salah satu buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Buah yang memiliki mahkota ini juga biasa dikonsumsi langsung, dijus, atau ditambahkan dalam menu masakan lainnya.

Diketahui juga bahwa nanas adalah satu-satunya sumber makanan utama yang mengandung bromelain, enzim yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit. Penelitian modern telah mempelajari efek bromelain dan mendukung beberapa potensi manfaat kesehatan nanas.

Baca juga: 5 Tanda-tanda Umum Kolesterol Tinggi di Tubuh yang Tak Boleh Diabaikan

Mengutip WebMD, bromelain pada nanas juga bisa mengurangi pembekuan darah yang berlebihan akibat penyumbatan arteri dan sirkulasi darah yang lambat akibat kolesterol tinggi. Ketika aliran darah lancar, Anda bisa terhindari dari risiko penyakit jantung.

Selain itu, nanas juga bermanfaat dalam melawan radikal bebas yang mendorong penumpukan plak dan menyebabkan aterosklerosis, penyakit jantung, hingga diabetes.

Berikut informasi nutrisi pada nanas

Baca juga: Leher Tegang, Tak Selalu Tanda Kolesterol Tinggi

Satu porsi 1 cangkir jus nanas tanpa pemanis mengandung:

Kalori: 133
Protein: 0 gram
Lemak: 0 gram
Karbohidrat: 32 gram
Serat: 1 gram
Gula : 25 gram

Selanjutnya: Manfaat Lain dari Nanas bagi Kesehatan...

 

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jus nanas memiliki berbagai vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Buah ini tinggi vitamin C, yang dapat membantu melindungi tubuh Anda dari flu biasa. Ini juga mengandung enzim yang telah terbukti mengaktifkan respons sistem kekebalan yang sehat.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan bromelain dalam nanas dapat memecah gumpalan darah dan endapan kolesterol di arteri Anda, yang dapat mendukung aliran darah yang sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Pereda Flu dan Alergi

Bromelain dalam jus nanas juga dapat mengencerkan lendir yang menyebabkan kemacetan di sinus atau dada. Bersama dengan sifat anti-inflamasinya, jus nanas dapat meredakan gejala flu dan alergi.

4. Membantu pencernaan

Enzim dalam jus nanas membantu memecah protein di usus Anda, yang dapat membantu mengurangi sembelit, gas, dan kembung. Bromelain juga memiliki sifat antibakteri yang dapat melindungi usus Anda dari bakteri penyebab diare seperti E.coli dan mengurangi radang usus.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews