Anak Usia 6 Bulan Sudah Boleh Vaksin Covid-19, Catat Syaratnya!

Anak Usia 6 Bulan Sudah Boleh Vaksin Covid-19, Catat Syaratnya!

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Jakarta - Izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin virus corona penyebab Covid-19 untuk anak 6 bulan hingga 11 tahun telah resmi dikeluarkan BPOM. Vaksin yang akan digunakan adalah vaksin Covid-19 produksi Pfizer-Biontech (Comirnaty) Children.

Vaksin ini berbeda dengan vaksin yang sebelumnya diberikan pada orang dewasa. Vaksin Comirnaty Children memiliki formulasi dan kekuatan yang berbeda dengan vaksin untuk remaja dan dewasa. Oleh karena itu, vaksin ini tidak dapat digunakan pada individu berusia 12 tahun ke atas.

Namun, sama seperti pada orang dewasa, pemberian vaksin pada kelompok anak juga harus memenuhi beberapa syarat. Lantas, apa saja syarat penggunaan vaksin Covid-19 untuk anak usia 6 bulan ini?

1. Harus anak 6 bulan hingga 11 tahun

Sesuai namanya, vaksin ini hanya diberikan pada anak paling tua usia 11 tahun. Dosis yang diberikan pun berbeda untuk anak 6 bulan hingga 4 tahun dan anak 5-11 tahun.

2. Dosis pemberian vaksin yang berbeda

Dosis vaksin Comirnaty Children untuk anak 6 bulan-4 tahun untuk vaksinasi primer adalah 3 mcg/0,2 mL. Vaksin diberikan dalam tiga dosis pemberian.

Dua dosis pertama diberikan dalam rentang waktu tiga minggu. Diikuti dengan dosis ketiga yang diberikan setidaknya delapan minggu setelah dosis kedua.

Sementara dosis vaksin Comirnaty Children anak 5-11 tahun untuk vaksinasi primer adalah 10 mcg/0,2 mL. Vaksin diberikan dalam dua dosis dengan rentang waktu tiga minggu antara dosis pertama dan kedua.

3. Anak harus sehat

Jika merujuk pada aturan vaksinasi anak sebelumnya, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sempat merekomendasikan agar vaksin diberikan pada anak yang terbukti sehat.

Artinya, anak tidak mengalami kontraindikasi seperti defisiensi imun primer, penyakit autoimun tak terkontrol, penyakit Sindrom Guillain Barre, mielitis transversa, dan acute demyelinating encephalomyelitis.

Selain itu, anak juga tak boleh mengalami demam dengan suhu tubuh melebihi 37,5 derajat Celcius.

Anak yang sebelumnya sempat terinfeksi juga bisa mendapatkan vaksin. Namun, pemberian vaksin bisa dilakukan minimal tiga bulan setelah anak dinyatakan sembuh dari Covid-19.

4. Tidak mendapatkan vaksin lain dalam rentang waktu satu bulan

Bukan hanya sehat, anak yang hendak mendapatkan vaksin Covid-19 juga tidak sedang menjalani imunisasi lainnya setidaknya dalam waktu satu bulan. Itulah beberapa syarat vaksin Covid-19 anak 6 bulan yang bisa diperhatikan orang tua.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews