Program Astra International di Batam Berdayakan Perekonomian Masyarakat

Program Astra International di Batam Berdayakan Perekonomian Masyarakat

Penanaman pohon produktif di kawasan Tanjungpiayu Batam sempena Hari Lingkungan Hidup dan ulang tahun Astra International. (Foto: Astra untuk Batamnews)

Batam, Batamnews - PT Astra International Tbk memiliki ragam program pemberdayaan masyarakat. Salah satunya, Kampung Berseri Astra (KBA) dan Desa Sejahtera Astra (DSA).

Melalui program ini, Astra memberikan pelatihan peningkatan taraf hidup warga, utamanya pada sektor perekonomian dan sejumlah penunjang lainnya.

Dikutip dari laman Satu-Indonesia, KBA dan DSA ini tersebar di seluruh Indonesia. Khusus KBA, ada sebanyak 77 titik. 

Terdiri dalam beberapa kategori yakni kampung wisata, kampung hijau, kampung produktif, kampung cyber dan kampung budaya.

Untuk di Batam, Kepulauan Riau, Astra memiliki KBA di RT 01/ RW 02, Kelurahan Tanjung Piayu, Kecamatan Sei Beduk sejak tahun 2018.

Koordinator Group Astra wilayah Batam, Kamil Hasan mengatakan di KBA Tanjungpiayu, Astra memberikan berbagai program kepada masyarakat.

Pelatihan membatik bagi ibu-ibu warga KBA Tanjungpiayu, Batam. (Foto: Astra)

"Yang sudah dilaksanakan yaitu binaan pendidikan dalam bentuk beasiswa, binaan kesehatan dalam bentuk posyandu, dan binaan kewirausahaan untuk UMKM dalam bentuk pemberian bantuan alat produksi, dan yang terakhir berupa binaan lingkungan hidup," kata Kamil, Rabu (21/12/2022).

Baca: Nurani Astra Kirim Bantuan Tahap Awal Sebesar Rp 1,4 Miliar untuk Korban Gempa Cianjur

Melalui program Kampung Berseri Astra ini, masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra.

"Ada empat pilar yang kita utamakan dalam program KBA Tanjungpiayu, hingga saat ini kami sudah melihat hasilnya dari program tersebut, program yang satu dan lainnya kita harap terus berkesinambungan," imbuhnya.

Ibu-ibu di KBA Tanjungpiayu, Batam memilah sampah yang bernilai ekonomis. (Foto: Astra)

Warga di KBA Tanjungpiayu diberikan pendampingan kesehatan dengan memberikan asupan bergizi kepada balita dan ibu hamil.

Lalu, warga juga diberdayakan secara ekonomi melalui pemanfaatan bank sampah, penanaman sayuran dan pelatihan membatik.

Pada pertengahan 2022, Group Astra wilayah Batam juga melakukan penanaman pohon produktif di Negeri Atas Angin, kawasan Tanjungpiayu, sempena Hari Lingkungan Hidup dan ulang tahun Astra.

Baca: Desa Binaan Astra Dominasi Peraih Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Selain pendampingan kepada KBA Tanjungpiayu, Astra Grup di Batam juga memberikan bantuan kepada sejumlah warga yang terdampak pandemi Covid-19 pada 2021 lalu.

Bersama dengan organisasi jurnalis, AJI Kota Batam, Astra membagikan bantuan itu kepada warga yang belum terjamah bantuan pemerintah.

"Bantuannya berupa bahan pangan, masker dan handsanitazer," pungkas Kamil.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews