Desa Binaan Astra Dominasi Peraih Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Desa Binaan Astra Dominasi Peraih Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Penyerahan penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. (Foto: Astra)

Jakarta - Sejumlah Desa Binaan Astra (DBA) menerima penghargaan dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Manajer CSR Astra, Bima Krida Pamungkas mengatakan DBA yang mendapatkan penghargaan yakni Desa Wisata Pariangan di Sumatera Barat yang mendapat juara I kategori Desa Wisata Berkembang.

Kemudian, Desa Wisata Sembungan di Jawa Tengah meraih juara I kategori Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Keris di Jawa Timur mendapat juara I kategori Daya Tarik Pengunjung dan Desa Wisata Budo di Sulawesi Utara yang diganjar juara I kategori Digital dan Kreatif.

"Selain itu, ada juga Desa Wisata Negeri Hila di Maluku yang juara I kategpri homestay dan Desa Wisata Matano Iniaku di Sulsel yang meraih juara II kategori Kelembagaan Desa," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (1/11/2022).

Bima menambahkan di sela-sela penyelenggaraan ADWI 2022 juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Astra dengan Kemenparekraf terkait pengembangan desa wisata. Nantinya, Astra dan Kemenparekraf akan membina dan mendampingi setidaknya 25 desa wisata di seluruh Indonesia. 

Kerja sama ini meliputi pemanfaatan dan pertukaran data dan/atau informasi, pembinaan desa wisata menjadi Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Astra, pelaksanaan dukungan sarana dan prasarana untuk menunjang pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata. 

"Juga untuk pendampingan, dan penguatan tata kelola desa wisata dan kerja sama dan kegiatan lain antara Astra dan Kemenparekraf," pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Group Astra wilayah Batam, Kamil Hasan mengungkapkan dalam ajang ini, Desa Binaan Astra di Batam yakni Desa Wisata Bakau Serip juga masuk nominasi.

"Desa Wisata Bakau Serip masuk 50 besar dan sempat ditinjau oleh Menteri Sandiaga Uno," kata Kamil.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews