Jenderal Andika Perkasa Masuk Dunia Politik usai Pensiun?

Jenderal Andika Perkasa Masuk Dunia Politik usai Pensiun?

Sertijab Jenderal Andika Perkasa ke Laksamana Yudo Margono. (ist)

Jakarta - Jenderal Andika Perkasa resmi melepas jabatannya sebagai Panglima TNI. Tongkat estafet Panglima TNI itu kini dipegang Laksamana Yudo Margono yang sebelumnya menjabat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal).

Meski telah melepaskan jabatan Panglima TNI, namun Andika Perkasa masih enggan mengungkap rencana selanjutnya. Termasuk ketika disinggung apakah ada langkah politik hingga tawaran menteri.

"Nanti saja mas, nanti saja (rencana politik atau tawaran menteri)," kata Andika saat ditanya wartawan usai upacara sertijab di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (20/12/2022).

Baca juga: Panglima TNI Yudo Margono Akan Gelar Operasi Khusus di Laut Natuna Utara

Hal itu, kata Andika, mengingat dirinya baru akan purna tugas atau pensiun sebagai Jenderal Bintang Empat terhitung pada 1 Januari 2023 mendatang.

"Nah, saya pensiun nanti mulai 1 Januari 2023, walaupun sekarang serah terima tapi kami sesuai dengan peraturan yang berlaku baru 1 Januari," ucapnya.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat itu berjanji akan membeberkan rencananya usai resmi pensiun dan akan menjelaskan semua rencana kedepannya.

Baca juga: Sah, Laksamana Yudo Margono Jabat Panglima TNI

"Apa yang saya lakukan? Ya nanti saja setelah saya pensiun, kita ketemu lagi," kata Jenderal Andika Perkasa.

Adapun diketahui jika nama Andika Perkasa cukup populer di berbagai survei politik salah satunya, masuk dalam bursa calon presiden (capres). Seperti halnya, sempat diungkap Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas.

Menurutnya, ada dua kemungkinan yang akan dilakukan Andika setelah pensiun. Pertama, Andika mungkin akan terjun ke dunia politik dengan menjadi bakal capres atau cawapres dalam Pilpres 2024.

 

"Dalam beberapa kesempatan, Andika memang enggan berkomentar perihal sejumlah sigi yang memasukkan namanya sebagai capres atau cawapres 2024. Andika memilih untuk memberi jawaban usai resmi pensiun dari TNI," kata Anton dalam keterangannya, Kamis (8/12/2022).

"Sejauh ini, Andika merupakan salah satu nama sosok berlatar militer yang mencuat selain Agus Harimurti Yudhoyono. Namanya pun sempat masuk dalam bursa capres Partai Nasdem,” sambungnya.

Kemungkinan kedua, Andika akan masuk dalam kabinet Jokowi. Peluang ini menurutnya terbuka mengingat hubungan dan chemistry antara Presiden Jokowi dan Andika sudah terbangun sejak 2014 kala menjabat Komandan Paspampres.

"Pemilihan Andika menjadi Panglima TNI pun juga sedikit banyak menunjukkan kepercayaan dan kenyamanan yang dirasakan Jokowi," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews