Deretan Sayuran yang Ternyata Bisa Bikin Gemuk

Deretan Sayuran yang Ternyata Bisa Bikin Gemuk

Ilustrasi makan sayur tapi masih gemuk (Foto: kazoka30)

Jakarta - Kata orang, makan sayur bisa jadi diet buat menurunkan berat badan. Tapi nyatanya, tidak selalu demikian. Ada beberapa sayuran bikin gemuk kalau dimakan kebanyakan.

Tidak semua sayuran bisa membuat Anda memiliki bentuk tubuh ramping ideal. Kenyataannya, ada beberapa sayuran yang justru bikin berat badan naik dan gemuk, terutama jika dikonsumsi berlebihan.

Melansir Livestrong, sayuran juga memiliki kalori, jadi secara teoritis Anda bisa menambah berat badan jika memakannya dalam jumlah besar. Sayuran bertepung, seperti kentang, ubi atau jagung juga memiliki kalori yang cukup tinggi dan bisa bikin gemuk. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa sayuran yang justru bikin gemuk. Kurangi konsumsi berlebihan agar diet Anda tidak gagal.

1. Wortel

Jika Anda berpikir mengunyah wortel bisa bikin berat badan turun, sebaiknya pelajari lagi. Melansir Readers Digest, wortel mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga bisa membuat berat badan naik terutama saat dikonsumsi berlebihan.

2. Jagung

Hilangkan jagung dari daftar makanan diet saat Anda berusaha menurunkan berat badan. Jagung mengandung gula yang cukup tinggi. Gula pada jagung juga bisa menjadi katalisator kenaikan berat badan.

Gula membuat hormon tidak seimbang, termasuk insulin dan kortisol. Hal ini bisa memberi sinyal pada tubuh untuk menyimpan kalori sebagai lemak.

 

3. Labu

Meskipun kandungan gula pada labu tidak setinggi di wortel dan jagung, Tapi dia tinggi kalori. Selain itu, menukil laman NDTV, labu juga merupakan sayuran bertepung yang dapat menambah berat badan.

4. Kentang

Kentang bisa jadi pengganti nasi. Tapi jika dikonsumsi berlebihan kentang bisa bikin badan makin lebar.

Karbohidrat yang terkandung di dalam kentang jadi biang kerok penambah berat badan. Karbohidrat dari kentang ini membantu menyimpan lemak yang tidak terbakar di dalam tubuh dalam bentuk lemak berlebih.

Dianjurkan untuk mengkonsumsi kentang dalam bentuk sayuran yang dimasak dan hindari mengkonsumsinya secara berlebihan dalam bentuk kentang goreng, stik kentang atau keripik kentang.

5. Kacang hijau

Kacang hijau adalah sayuran yang tinggi serat dan protein. Keduanya diperlukan untuk mengisi bahan bakar dan mengatur makanan dalam tubuh.

Menariknya, kacang hijau juga kaya akan karbohidrat yang merupakan sumber utama penambahan berat badan. Oleh karena itu, penting berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui berapa banyak yang dapat Anda konsumsi. Hal ini dilakukan untuk mencegah kenaikan berat badan yang tidak perlu.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews