Piala Dunia 2026 Digelar di 3 Negara, Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada

Piala Dunia 2026 Digelar di 3 Negara, Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada

(Foto: ist)

Batam - Ajang Piala Dunia 2022 di Qatar baru saja usai. Empat tahun lagi, ajang serupa akan digelar di tiga negara pada tahun 2026 mendatang.

Dilansir situs FIFA, tiga negara yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 yakni Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada.

"Turnamen ini akan diselenggarakan di enam belas kota di Amerika Utara; 60 pertandingan, termasuk babak perempat final, semi final, dan final, akan diselenggarakan oleh Amerika Serikat, sementara Kanada dan Meksiko masing-masing menyelenggarakan 10 pertandingan," tulis FIFA.

Baca: Qatar 2022 Jadi Ajang Piala Dunia Terakhir Deretan Pemain Tua Ini

FIFA menyatakan pada Piala Dunia 2026, jumlah peserta turnamen akan berjumlah 48 tim, meningkat dari 32 tim dalam kejuaraan sebelumnya.

Jika hal terealisasi, maka 48 tim tersebut akan dibagi menjadi 16 grup dengan masing-masing 3 tim. Dua tim terbaik akan lolos ke 32 besar.

"Di sini, grup berisi empat tim sudah berjalan luar biasa. Sampai menit-menit terakhir pertandingan terakhir, Anda tak tahu siapa yang akan lolos," ungkap Presiden FIFA Gianni Infantino dilansir BBC.

"Kita harus melihat ulang, atau setidaknya mendiskusikan lagi formatnya. Ini adalah sesuatu yang pastinya akan ada di agenda pertemuan berikutnya," imbuhnya.

Baca: Daftar Juara Piala Dunia: Argentina 3 Kali, Brasil Masih yang Terbanyak

Sementara itu, Amerika Serikat akan menyiapkan 11 stadion, Kanada 2 stadion, dan Meksiko sebanyak 3 stadion.

Dari 16 stadion ini, Estadio Azteca di Mexico City akan menjadi stadion terbesar dengan kapasitas 87.523 penonton.

Stadion ini pada 1986 pernah dijadikan tempat digelarnya partai puncak Piala Dunia di Meksiko, dengan Argentina sebagai juaranya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews