Dinsos Distribusikan Bantuan UEP dan Alat Bantu untuk Penyandang Disabilitas di Lingga

Dinsos Distribusikan Bantuan UEP dan Alat Bantu untuk Penyandang Disabilitas di Lingga

Bupati Lingga didampingi Ketua PKK dan Kepala Dinsos Lingga menyerahkan bantuan secara simbolis. (Foto: Istimewa)

Lingga, Batamnews - Puluhan penyandang disabilitas di Kabupaten Lingga, menerima bantuan dari Dinas Sosial (Dinsos) Kepulauan Riau (Kepri), berupa kursi roda, tongkat ketiak atau tongkat kruk serta tongkat tuna netra.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Lingga, Muhammad Nizar didampingi Ketua PKK Kabupaten Lingga, Maratusholiha Nizar dan juga Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS), di Aula Kantor Bupati Lingga, Selasa (13/12/2022).

"Untuk kursi roda ada 26 unit, tongkat ketiak sebanyak 22 unit dan tongkat tuna netra ada 6 unit," kata Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi, Perlindungan Jaminan dan Bencana Sosial di Dinsos Lingga, Hazni Hamka kepada Batamnews, usai penyerahan bantuan.

Baca juga: PKS Lingga Gelar Rakerda Rumuskan Program hingga Target Pemilu 2024

Hazni menjelaskan, meskipun alat bantu yang diberikan masih terbatas dibanding jumlah penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Lingga, Dinsos Lingga akan terus berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta untuk mendapatkan bantuan-bantuan lain, baik itu dalam bentuk Usaha Ekonomi Produktif (UEP) maupun bantuan sosial lainnya.

"Harapan kami semoga saudara-saudara penyandang disabilitas tetap sehat dan semangat dalam beraktivitas, serta jangan mudah menyerah. Karena pemerintah selalu hadir untuk mereka," ujarnya.

Ia menyebut, beberapa waktu lalu Gubernur Kepri melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kepri juga memberikan bantuan berupa alat bantu dan paket Natura bagi anak-anak disabilitas di Kabupaten Lingga sebanyak 21 paket.

Baca juga: Legislator Lingga Sui Hiok Protes MV Lintas Kepri Rute Tanjungpinang-Lingga Bakal Diganti Kapal Baru

"Khusus untuk penerima alat bantu hari ini tersebar di beberapa kecamatan se-Kabupaten Lingga, dengan total 54 orang," tuturnya.

Selain penyerahan alat bantu untuk penyandang disabilitas, pada waktu yang sama juga dilakukan penyerahan bantuan UEP untuk 11 orang penyandang disabilitas di Lingga yang memiliki usaha dan sudah masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Kita ada 11 orang disabilitas yang menerima bantuan UEP dari Dinsos Kepri senilai Rp 3 juta ini. Bantuan tersebut ditransfer langsung ke rekening Bank Riau Kepri," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews