Muhammad Rudi Dukung Batam Tuan Rumah Jambore Sepeda Lipat Nasional 2023

Muhammad Rudi Dukung Batam Tuan Rumah Jambore Sepeda Lipat Nasional 2023

Kepala BP Batam saat menerima perwakilan komunitas sepeda-sepeda lipat di Kota Batam.

Batam, Batamnews - Wali Kota Batam sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mendukung penuh Kota Batam menjadi tuan rumah Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) tahun 2023.

Komitmen dan dukungan penuh Rudi tentang tuan rumah Jamselinas XII ini disampaikan saat menerima perwakilan komunitas sepeda-sepeda lipat di Kota Batam.

"Batam siap menjadi tuan rumah dan menyukseskan Jamselinas ke-12," kata Rudi di Gedung Marketing Centre, BP Batam, Rabu (7/12/2022) siang.

Dalam pertemuan itu hadir Ketua Batam Folding Bike (BFB) Indra Harianto, Ketua Bike To Work (B2W) Batam Haryoto, dan perwakilan sejumlah pengurus komunitas-komunitas sepeda lipat di Batam.

Indra dan Haryoto secara bergantian memaparkan tentang Jamselinas. Menurut Haryoto, untuk Batam, pihaknya berencana membuka pendaftaran tak kurang dari 5.000 peserta. Mereka berasal dari seluruh Indonesia dan sejumlah negara Asean, terutama Singapura dan Malaysia.

"Infrastruktur di Batam sangat mendukung. Baik jalan maupun hotelnya," kata Haryoto.

 

Sementara, Indra memaparkan perjalanan Jamselinas sejak yang pertama hingga yang kesebelas di Purwokerto, Jawa Tengah, Oktober 2022 lalu. Bahwa kegiatan ini mengedepankan silaturahmi pesepeda lipat seluruh Indonesia.

"Insya Allah memberi efek besar bagi Batam. Ribuan peserta itu akan memenuhi kamar-kamar hotel di Batam. Juga berpengaruh pada sektor pariwisata, UMKM, dan kuliner, serta banyak sektor yang mendapat efek ekonomi dari kegiatan ini," kata Indra.

Indra pun menambahkan, soal kemungkinan rute yang akan membawa peserta Jamselinas menikmati pemandangan indah Kota Batam. Pilihan-pilihan rute pun cukup banyak di Batam, baik arah Nongsa maupun ke Sekupang

Menurut Indra, kehadiran ribuan peserta di Batam, akan semakin mengakrabkan mereka dengan infrastruktur Batam yang ramah sepeda. Selain jalanan Batam yang lebar, jalur-jalur sepeda pun terus dibangun di berbagai ruas jalan di Batam.

"Infrastruktur di Batam sangat ramah sepeda. Sangat mendukung aktivitas masyarakat dengan bersepeda," kata Indra.

Pertemuan hampir setengah jam itu berlangsung penuh keakraban. Diskusi pun berlangsung lancar. Terutama dalam memperkenalkan Batam sebagai Kota Baru.

Rudi memaparkan, pada tahun 2023, jalan-jalan utama ke arah Nongsa sudah selesai. Dari Laluan Madani hingga ke Nongsa juga sudah selesai.

"Kita buat lima jalur, untuk mendukung berbagai moda transportasi, termasuk sepeda," kata lelaki kelahiran Tanjungpinang ini.

(*)

Komentar Via Facebook :