Tingkatkan PAD, Cen Sui Lan Gesa Dua Pelabuhan di Tanjungpinang Beroperasi Tahun Depan

Tingkatkan PAD, Cen Sui Lan Gesa Dua Pelabuhan di Tanjungpinang Beroperasi Tahun Depan

Cen Sui Lan (jaket putih) saat meninjau Pelabuhan Tanjung Moco (Foto: Istimewa)

Tanjungpinang, Batamnews - Anggota DPR RI, Cen Sui Lan mengecek kondisi Pelabuhan Tanjung Moco dan Pelabuhan Dompak, di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (4/12/2022).

Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kepulauan Riau (Kepri) ini punya misi menuntaskan pembangunan dua pelabuhan itu, sekaligus menyelamatkan duit APBN senilai Rp 250 miliar yang terkuras demi pembangunan keduanya.

Tahun 2023, Cen melalui APBN berikhtiar merampungkan kedua proyek tersebut. Satu pelabuhan bongkar muat, dan satunya lagi pelabuhan penumpang. Cen turun melihat kedua pelabuhan sekaligus pengawasan DPR.

Istilahnya kunjungan daerah pemilihan, dan ke lokasi guna melihat langsung kondisi riil di pelabuhan yang dibangun sejak 2009 dengan anggaran Rp 120 miliar, tapi hingga sekarang belum difungsikan. Ke lokasi, Cen didampingi Kepala KSOP Tanjungpinang, Kol (Mar) Benyamin Ginting.

Baca juga: Perjuangan Cen Sui Lan Berhasil, Penerbangan Perintis Rute Tambelan-Tanjungpinang Kembali Dibuka

Cen berharap tahun depan pelabuhan dapat difungsikan. Setelah mengecek Tanjung Moco, pelabuhan FTZ di Tanjungpinang, Cen langsung berkoordinasi dengan Arief Thoha, Dirjen Hubla Kemenhub. Cen juga mengontak Sekjen Kemenhub, Novie Riyanto terkait perampungan pelabuhan potensi PAD bagi Pemko Tanjungpinang.

Lewat DPR, Cen memastikan penyelesaian melalui dukungan penganggaran di Kemenhub sebesar Rp 15 miliar tahun 2023.

“Kami bertiga, saya dan Pak Arief Thoha dan Pak Novie Riyanto sepakat menyelesaikan Pelabuhan Tanjung Moco ini, pada tahun anggaran 2023,” kata Anggota Komisi V DPR RI ini, Senin (5/12/2022).

“Nanti kita tuntaskan pelabuhan (Tanjung) Moco dan Pelabuhan Dompak,” kata tangan kanan Airlangga Hartarto, Ketum Golkar, di kepengurusan DPP MKGR itu.

Baca juga: Legislator Cen Sui Lan Minta Menteri PUPR Fokus Benahi Tambelan di Bintan

perampungan kedua pelabuhan tadi berpotensi mengatrol perekonomian di Tanjungpinang. Sebab, tak sedikit uang terserap ke pembangunan keduanya.

Masing-masing, Rp 120 miliar Pelabuhan Tanjung Moco dan Rp 130 miliar di Pelabuhan Dompak. Kalau terselesaikan dapat memberikan manfaat ekonomi ke warga di Kepri, khususnya Tanjungpinang. Beban bongkar muat overload di Pelabuhan Sei Kolak, Bintan, untuk sebagian dapat dialihkan ke Tanjung Moco. Baik Moco dan Sei Kolak, keduanya pelabuhan FTZ.

“Kalau kita selesaikan pembangunan Pelabuhan Tanjung Moco dan Pelabuhan Dompak, sama saja kita menyelamatkan uang negara Rp 250 miliar sudah dialokasikan sebelumnya. Saya harapkan ada support dari Pemko dan provinsi (Kepri),” pesan Cen Sui Lan.

Terpisah, Pemko Tanjung dikabarkan mengajukan Ranperda BUP guna menggarap potensi Pelabuhan Tanjung Moco nantinya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews