Piala Dunia 2022

Maroko Tumbangkan Belgia karena Tahu Kelemahan Courtois

Maroko Tumbangkan Belgia karena Tahu Kelemahan Courtois

Tiang dekat jadi kelemahan Thibaut Courtois (Foto: Offside via Getty Images/Simon Stacpoole/Offside)

Doha - Kemanangan Maroko atas Belgia tak lepas sang pelatih Walid Regragui tahu kelemahan Thibaut Courtois. Kiper Belgia ini lemah kala menjaga tiang dekat.

Maroko secara mengejutkan mengalahkan Belgia 2-0 pada laga Grup F Piala Dunia 2022 0-2 di Al Thumama Stadium, Minggu (27/11/2022). Dua gol kemenangan Maroko lahir di babak kedua melalui Abdelhamid Sabiri dan Zakaria Aboukhal.

Gol pertama Maroko lahir tendangan bebas Sabiri dari sisi kiri yang diarahkan ke tiang dekat. Pada babak pertama, Maroko sempat bikin gol dengan cara nyaris serupa dari tendangan bebas Hakim Ziyech. Namun, dianulir karena Roman Saiss yang dianggap menganggu pandangan Thibaut Courtois berada dalam posisi offside.

Baca juga: Menang di Piala Dunia 2022, Achraf Hakimi: Aku Cinta Kamu, Ibu

Pelatih Maroko, Walid Regragui, mengungkap bahwa skema ini sudah dipersiapkannya. Ia mengunakan hal tersebut karena tahu kelemahan dari kiper Belgia Thibaut Courtois.

Ia menilai Courtois sering longgar menjaga tiang dekat terutama saat tendangan bebas. Analisis Regragui terbukti jitu.

Gol kedua Maroko juga menyasar tiang dekat. Kala Aboukhal menyambar umpan tarik Hakim Ziyech dari sisi sayap.

Baca juga: Daftar Tim yang Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022: Prancis Rebut Tiket Perdana

"Kami memiliki pengambil tendangan bebas yang bagus dan kami melihat bahwa di tiang dekat Courtois terkadang terlalu percaya diri. Dia adalah penjaga gawang yang tinggi dan terkadang dia meninggalkan sedikit ruang di tiang dekat, dan itulah yang terjadi," ujar Regragui dikutip dari Telegraph.

Kemenangan atas Belgia bikin peluang Maroko ke 16 besar terbuka lebar. Mereka saat ini berada di peringkat kedua Grup F dengan empat angka.

Poin Singa Atlas sama dengan Kroasia di peringkat pertama dan unggul satu poin dari Belgia. Pada laga terakhir, mereka bakal menghadapi Kanada yang jadi juru kunci grup dan sudah dipastikan tersingkir usai belum meraih poin.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews