Semarak HUT Meranti, PUPR dan PWI Gelar Lomba Jurnalistik Berhadiah Total Puluhan Juta

Semarak HUT Meranti, PUPR dan PWI Gelar Lomba Jurnalistik Berhadiah Total Puluhan Juta

Brosur lomba karya tulis jurnalistik semarak HUT Meranti. (Foto: Istimewa)

Meranti, Batamnews - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Meranti, kembali menggelar lomba karya tulis jurnalistik (LKTJ) dan lomba postingan Facebook terbaik.

Lomba terbuka, dipersembahkan untuk wartawan media cetak maupun online dan masyarakat umum yang tersebar di seluruh Indonesia. Demikian disampaikan oleh Ketua Panitia, Ali Imran, Rabu (23/11/2022).

Khusus lomba tulis, kali ini mereka mengangkat tema pembangunan infrastuktur dalam menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat menuju Kabupaten Kepulauan Meranti, maju, cerdas dan bermartabat yang sejalan dengan visi dan misi kepala daerah.

Dengan demikian, objek reportase setiap bahan lomba yang wajib diikutsertakan berkaitan dengan perkembangan, hingga manfaat pembangunan di Meranti secara khusus.

Baca juga: Babak Baru Perseteruan Bupati dan Eks Bupati Meranti: Lapor Polisi Sampai Dugaan Tipikor

"Lomba yang digagas oleh PUPR bersama PWI Meranti kali ini sedikit berbeda dari sebelumnya yang hanya terbuka untuk wartawan lokal. Namun kesempatan kali ini bisa diikuti oleh seluruh wartawan di seluruh nusantara. Hanya saja harus sejalan dengan tema," ujarnya.

Kegiatan digagas merupakan bagian dari rangkaian HUT Meranti yang jatuh pada 19 Desember 2022 mendatang. Hadiah puluhan juta rupiah, mulai dari juara 1,2,3 hingga harapan 1,2,3 plus trofi dan sertifikat.

Untuk syarat wajib lomba bagi calon peserta sudah diumumkan beberapa hari sebelum ini. Serta bisa dipantau langsung melalui media sosial, Facebook Bina Marga Kepulauan Meranti dan PUPR Kepulauan Meranti.

"Salah satu syarat utama wajib karya sendiri dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba manapun. Kemudian dipublikasikan di media masing-masing periode terbitan 1 Januari hingga 15 Desember 2022 yang dilengkapi bukti pemuatan dalam bentuk hard copy ataupun soft copy," ujar Ali.

 

Kemudian, karya tulis sudah bisa dimuat di media masing-masing dan diserahkan kepada panitia beserta biodata pengirim. Mulai dari nama, media tempat bekerja, salinan identitas diri yang sah berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Pers paling lambat, 15 Desember 2022 mendatang.

"Peserta bebas memilih judul karya tulis yang mendukung tema utama dengan minimal jumlah karakter 5000 kata. Panitia tidak memungut biaya alias gratis," kata dia.

Sedangkan untuk lomba postingan Facebook terbaik juga sama, bisa diikuti oleh seluruh warga dengan total hadiah jutaan rupiah.

Secara rinci, Ali mengungkapkan peserta dapat membaca syarat lomba yang telah di posting di media sosial Facebook Bina Marga Kepulauan Meranti dan PUPR Kepulauan Meranti. Peserta juga diberikan kesempatan untuk menghubungi panitia melalui panggilan atau pesan elektronik berkaitan syarat lomba, melalui Ryan: 085266566980 dan Fadil: 082286640708.

Terpisah, Plt Kepala Dinas PUPR Meranti, Fajar Triasmoko turut mengajak kepada seluruh wartawan dan warga untuk dapat ikut berpartisipasi dalam lomba yang dimaksud.

Menurutnya lomba ini bukan semata tentang kompetisi, tapi juga sarana bagi wartawan dan warga dalam meningkatkan kemampuan literasi, sekaligus dapat mengarahkan peran untuk membantu pemerintah menyukseskan 7 program strategis bupati.

"Karya tulis kawan-kawan bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Pemkab Kepulauan Meranti dalam membuat kebijakan yang patut dijadikan skala prioritas. Juga sebagai informasi bagi masyarakat secara khusus," katanya.

Selain lomba tulis dan postingan Facebook, pihaknya juga menggelar lomba jingle yang berkerjasama dengan Project Bersame, lomba foto bersama Komunitas Fotografi Meranti (KFM), hingga festival film pendek menggandeng penggiat Film Meranti.

Untuk itu ia berharap kegiatan positif tersebut didukung penuh oleh semua pihak dan lancar pasca pengumuman yang direncanakan akan berlangsung pada Malam Gebyar PUPR Meranti, 24 Desember 2022 mendatang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews