Wakil Bupati Karimun Cek Personel dan Peralatan Sikapi Tanggap Bencana

Wakil Bupati Karimun Cek Personel dan Peralatan Sikapi Tanggap Bencana

Wakil Bupati Karimun, Kepulauan Riau, Anwar Hasyim mengecek kesiapan personel dan peralatan SAR. (Foto: ist)

Karimun, Batamnews - Wakil Bupati Karimun, Kepulauan Riau, Anwar Hasyim mengecek kesiapan personel dan peralatan SAR dalam apel kesiapsiagaan tanggap bencana di Mapolres Karimun, Senin (21/11/2022).

"Mari bersama-sama kita mengantisipasi secara dini penanganan bencana alam baik yang disebabkan oleh banjir, cuaca ekstrim, gempa bumi, tanah longsor dan yang lain-lain," kata Anwar Hasyim.

Selain kesiapan peralatan dan personel, pendataan atau pemetaan daerah rawan longsor, banjir, jumlah rumah dan penduduk yang tinggal di daerah rawan bencana juga dilakukan.

Pemerintah juga menyosialisasikan pada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, untuk mewaspadai dan mengantisipasi kondisi alam tersebut.

"Saling bekerjasama antara stake holder terkait, untuk menyiapkan tempat pengungsian dan bantuan berupa sembako, obat-obatan dan tenaga medis dalam rangka penanggulangan para korban bencana alam," ujar Anwar.

Sehingga, secara dini kekuatan personel dan sarana prasarana yang siap untuk digerakkan dalam melakukan evakuasi, pemberian bantuan korban, pengawalan bantuan sembako dan obat-obatan bagi korban bencana alam, juga harus matang.

"Dengan begitu, evaluasi dan pembenahan atas kendala yang dihadapi dalam penanggulangan bencana alam, dapat dilaksanakan dengan baik," ucapnya.

Wabub juga menyebutkan bahwa, dengan memberikan pelatihan terhadap personel tentang tata cara penanggulangan bencana alam.

"Saya ucapkan terimkasih kepada Polres Karimun yang telah melaksanakan kegiatan ini dan sebagai upaya kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana alam di Kabupaten Karimun," ujarnya.

(aha)
Komentar Via Facebook :