Peringati Hari Pahlawan, Raden Hari Ajak Warga Kepri Teladani Gurindam 12 Karya Raja Ali Haji

Peringati Hari Pahlawan, Raden Hari Ajak Warga Kepri Teladani Gurindam 12 Karya Raja Ali Haji

Raden Hari Tjahyono (Foto:ist)

Batam, Batamnews - Sempena Hari Pahlawan 10 November 2022, Wakil Ketua II DPRD Kepulauan Riau (Kepri) sekaligus Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Raden Hari Tjahyono mengajak masyarakat Kepri untuk meneladani pesan-pesan Raja Ali Haji yang tertuang dalam pasal demi pasal Gurindam 12.

Menurutnya, Kepri patut berbangga karena memiliki cukup banyak Pahlawan Nasional yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Walau penduduk kita tidak sebanyak dengan provinsi lain yang padat dari sisi penduduknya, tapi soal kontribusi kita terhadap Indonesia sangat besar. Terbukti banyaknya Pahlawan Nasional dari Kepri yakni, Raja Haji Fisabillah, Sultan Mahmud Riayat Syah dan Raja Ali Haji," ujar Raden Hari.

Pahlawanku Teladanku adalah tema besar Hari Pahlawan Nasional hari ini. Ia pun mengimbau masyarakat Kepri untuk mempelajari sejarah dan mendalami pasal demi pasal Gurindam 12 Raja Ali Haji.

Baca juga: Sultan Mahmud Riayat Syah: Pahlawan Nasional Tangguh yang Bersemayam di Daik Lingga

"Kalau kita baca Gurindam 12, inilah sebenarnya karakter masyarakat Melayu Kepri yang idealnya. Mari kita teladani misalnya saja saya ambil contoh satu saja dalam Pasal 1 Gurindam 12," ucapnya.

"Barang siapa tiada memegang agama, sekali-kali tiada boleh dibilangkan nama. Barang siapa mengenal yang empat, maka ia itulah orang yang ma'rifat. Barang siapa mengenal Allah, suruh dan tegahnya tiada ia menyalah. Barang siapa mengenal diri, maka telah mengenal akan Tuhan yang bahri. Barang siapa mengenal dunia, tahulah ia barang yang teperdaya. Barang siapa mengenal akhirat, tahulah ia dunia mudarat," tutur Raden Hari.

Dia menambahkan, ini juga bertalian dengan Pancasila sila kesatu yakni, Ketuhanan Yang Maha Esa.

"Jadi masyarakat Kepri adalah masyarakat yang agamais, mari kita teladani ada banyak pasal lagi yang bisa dan sangat bagus kita teladani dari konsep negara hingga keluarga," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews