Satgas Covid: Kasus Corona Varian XBB dan Turunannya Ditemukan di Kepri

Satgas Covid: Kasus Corona Varian XBB dan Turunannya Ditemukan di Kepri

Jubir Satuan Tugas Covid-19 Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana. (Foto: dok. Batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Virus Corona subvarian Omicron XBB telah masuk ke Indonesia, termasuk Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Hal itu dipastikan langsung oleh Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kepri, dr Tjetjep Yudiana.

Ia mengungkapkan, kasus Omicron XBB dan turunannya ditemukan di wilayah Kepri berdasarkan hasil penelitian Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam.

"Jumlah kasus Omicron XBB, subvarian Covid-19 sebanyak satu kasus, sedangkan 19 kasus lainnya merupakan varian turunan dari Omicron XBB. Omicron XBB yang bermutasi tersebut diberi nama XBB 1," katanya di Tanjungpinang, Rabu (9/11/2022) melansir Antara.

"Jadi sudah ditemukan 19 kasus Omicron XBB yang sudah bermutasi," sambungnya.

Baca juga: Raden Hari Wanti-wanti Satgas Covid Kepri Ancaman Corona Varian XBB

Tjetjep mengatakan, sampel pasien Covid-19 yang diteliti di laboratorium BTKLPP Batam berasal dari sejumlah rumah sakit di Kota Batam. Artinya, seluruh pasien yang diambil sampelnya memiliki gejala sehingga harus dirawat di rumah sakit.

"Seberapa parahnya, kami belum mendapatkan informasi tersebut. Namun pasien pasti bergejala sehingga harus dirawat," katanya.

Sampel pasien Covid-19 diambil sejak awal September hingga 6 November 2022. Meski baru ditemukan di Batam, ia mengatakan bukan berarti virus itu belum masuk ke daerah lain mengingat mobilitas penduduk antarpulau atau antardaerah cukup tinggi setiap hari.

"Potensi virus itu masuk ke daerah lainnya di Kepri cukup besar. Ini yang perlu dicegah," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews