Provider XL Bersedia Tambah Bandwidth Tower Telekomunikasi Desa Mentuda di Lingga

Provider XL Bersedia Tambah Bandwidth Tower Telekomunikasi Desa Mentuda di Lingga

Ilustrasi

Lingga, Batamnews - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lingga, telah bertemu dengan provider XL untuk menyelesaikan permasalahan jaringan telekomunikasi di Desa Mentuda, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri).

Kepala Diskominfo Lingga, Izdjumadillah melalui Kepala Bidang (Kabid) e-government dan TIK, Ady Setiawan mengatakan, provider XL bersedia melakukan penambahan kapasitas bandwidth di tower Mentuda.

"XL juga dalam waktu dekat ini mereka menyampaikan akan membagikan kartu perdana gratis kepada masyarakat dan siswa di Desa Mentuda," kata Ady kepada Batamnews, Selasa (1/11/2022).

Baca juga: Legislator Lingga Anwar Desak Kominfo Selesaikan Masalah Jaringan Internet di Desa Mentuda

Ia menyebut, dengan ditambahnya bandwidth di tower Mentuda, jaringan di wilayah tersebut akan lebih baik.

"Insya Allah (akan lebih baik) karena selama ini permasalahannya memang terkait kapasitas bandwidth yang masih minim," sebutnya.

Selain XL, Ady mengaku pihaknya juga telah mengkomunikasikan permasalahan tersebut ke Telkom wilayah Kepri. Hanya saja, belum dapat dilaksanakan karena tingginya budget yang dibutuhkan.

Baca juga: Kominfo Lingga Jajaki XL dan Telkomsel Kepri Atasi Masalah Jaringan Internet di Desa Mentuda

"Kami juga sudah bertemu dengan pihak Telkom untuk mensolusikan akses internet di Mentuda dengan teknologi baru V-Sat juga, yang jaringannya bisa mengimbangi jaringan biasa. Namun harga yang ditawarkan masih terlalu tinggi," jelasnya.

"Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi V-Sat memang masih relatif tinggi dari sisi pembiayaannya," sambung Ady.

Dengan demikian, ia berharap provider XL dapat sesegera mungkin melakukan peningkatan kapasitas jaringan di Desa Mentuda, khususnya dalam hal penambahan bandwidth tersebut. Harapannya, permasalahan jaringan di Metuda dapat terselesaikan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews