Jangan Asal Minum, Berikut 4 Ciri-ciri Air Minum Terkontaminasi Tinja

Jangan Asal Minum, Berikut 4 Ciri-ciri Air Minum Terkontaminasi Tinja

Ilustrasi air minum (Foto: Freepik)

Jakarta, Batamnews - Baru-baru ini, Indonesia tengah dihebohkan dengan berita air minum terkontaminasi kotoran. Dikatakan, sebanyak 70 persen sumber air minum masyarakat terkontaminasi kotoran.

Hal tersebut dilaporkan dalam studi Kualitas Air Minum Rumah Tangga dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 2020 yang menemukan 70 persen air terkontaminasi kotoran dalam 20 ribu sumber air minum rumah tangga di Indonesia.

Konsumsi air yang tercemar tinja akan memicu berbagai masalah kesehatan terutama diare. Penyakit ini terdengar sepele tetapi diare bisa menjadi penyebab kematian utama balita.

Selain itu, air dengan cemaran tinja akan memicu kolera, disentri, tifus, polio dan beberapa jenis infeksi saluran pernapasan akut.

Baca juga: SPAM Batam Tambah 1 WTP Cukupi Suplai Air di Batam

Demi melindungi kesehatan Anda dan keluarga, kenali ciri-ciri air yang tercemar tinja atau cemaran lain sebagai berikut.

1. Berbau

Menghimpun informasi dari berbagai sumber, air yang terkontaminasi tinja biasanya memiliki bau mirip dengan bau sulfur atau belerang.

Selain itu, Anda patut berhati-hati kalau air memiliki bau mirip bau klorin. Klorin digunakan untuk membunuh kuman dalam air. Namun kalau sampai tercium bau klorin, berarti kadarnya tinggi dan tidak layak dikonsumsi.

2. Keruh

Air yang layak konsumsi tidak memiliki warna. Jika air keruh atau berwarna berarti air mengandung kontaminan. Kontaminan masuk saat air menyapu kotoran, lumpur atau karat. Kontaminan berupa tinja bisa saja masuk ke air karena letak septic tank terlalu dekat dengan sumber air.

Baca juga: Super Air Jet Buka Rute Penerbangan Langsung dari Batam ke Jogja, Semarang dan Lombok, Ini Jadwalnya

3. Ada endapan

Endapan sangat mungkin ditemukan dalam air apalagi air yang berasal dari sumur dalam tanah. Namun jika air tanah dikelola dengan baik, endapan tidak akan ditemukan pada air minum.

Air minum mengandung endapan biasanya disebabkan ada celah pada saluran air sehingga sedimen atau endapan bisa masuk dan bercampur pada air yang diolah.

4. Memiliki rasa

Salah satu syarat air minum bersih dan layak konsumsi adalah air tidak memiliki rasa. Jika Anda menemukan air yang diminum memiliki rasa yang tidak biasa misal, rasa mirip logam, berminyak, pahit, atau amis, berarti air telah terkontaminasi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews