Peluang Amsakar di Pilwako Batam 2024: Tetap NasDem atau Pindah Haluan?

Peluang Amsakar di Pilwako Batam 2024: Tetap NasDem atau Pindah Haluan?

Amsakar Achmad (Foto: Istimewa)

Batam, Batamnews - Dinamika politik mulai dari tingkat provinsi hingga kota di Kepulauan Riau (Kepri), kian memanas. Alhasil, banyak spekulasi beredar ke publik.

Yang terpanas, ialah jalan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad di kontestasi politik 2024 mendatang yang dinilai tak mulus. Beragam hal perlu diulas, mulai dari kans hingga gonjang-ganjing partainya.

Amsakar saat ini masih menjabat sebagai Ketua di NasDem Batam. Namun ada isu mengenai jabatannya yang diujung tanduk dan bakal digantikan dengan kader lain.

Sementara itu, peluang Amsakar cukup besar dan terbuka lebar. Tak hanya untuk di Pilwako, kans Amsakar bahkan terbuka untuk Pilgub.

Baca juga: Kata Asnah soal Kabar Gantikan Amsakar Nakhodai Nasdem Kota Batam

Amsakar memang sudah memastikan bahwa dirinya cuma ingin bertarung di Pilwako Batam. Akan tetapi, dia juga dikabarkan tengah digoda oleh beberapa pihak untuk mendampingi Gubernur Kepri, Ansar Ahmad di Pilgub 2024.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau Kepulauan (Unrika), Rahmayandi Mulda menanggapi hal tersebut. Kata dia, Amsakar merupakan pesaing kuat Marlin Agustina yang notabene juga orang kuat untuk maju sebagai calon pemimpin di Batam.

"Untuk di Pilwako, Amsakar pesaing kuat Marlin. Bahkan kans lebih condong besar ke Amsakar," katanya, Kamis (27/10/2022).

Bahkan di sisi lain, jika Amsakar mau, dia bisa saja mendampingi Ansar untuk maju sebagai pasangan di Pilgub mendatang. Pun untuk kans juga berpeluang besar.

Baca juga: Saat Semesta Bicara, Amsakar Achmad Merasa dapat 'Kode Keras' Maju Pilkada Batam

"Amsakar punya suara yang cukup banyak di Batam. Elektabilitasnya tinggi. Ditambah lagi dia sudah menjabat dua periode, jadi lebih tau seluk-beluk Batam ketimbang bakal calon yang lain," ujar Rahmayandi.

Soal peluang Amsakar yang terkesan ditutup oleh NasDem, Rahmayandi memaklumi hal tersebut. Sebab, sebagaimana diketahui, Marlin yang merupakan istri dari Ketua NasDem Kepri pun dikabarkan siap maju di Pilwako.

Meski demikian, itu tak menutup kemungkinan jalan Amsakar untuk tetap maju. Beberapa partai lain sepertinya siap menampung Wakil Wali Kota Batam itu.

"Elektabilitas Amsakar akan tetap tinggi. Bahkan partai lain pasti akan banyak menyiapkan perahu untuk dia berlayar di 2024 nanti. Mau di partai apapun, Amsakar berpeluang besar," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews