Dampak Peningkatan Pengguna Ponsel Terhadap Popularitas Game Online di Indonesia

Dampak Peningkatan Pengguna Ponsel Terhadap Popularitas Game Online di Indonesia

Game mobile online merupakan game yang digemari oleh banyak masyarakat Indonesia. Game mobile jauh lebih disukai karena dirasa memberikan kepraktisan jika dibandingkan game khusus PC. Beberapa game online yang populer di Indonesia diantaranya adalah game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), seperti Mobile Legend, Arena of Valor (AOV), dan Wild Rift.

Selain itu, ada pula game Battle Royale seperti Free Fire, PUBG Mobile, dan Call of Duty Mobile. Dua genre game di atas adalah game paling banyak disukai masyarakat Indonesia meskipun sebagian orang ada juga yang menyukai game penghasil uang sepeti Domino Highs ataupun Live Casino.

Salah satu penyebab meningkatnya popularitas game online disebabkan oleh meningkatnya pengguna ponsel di Indonesia. Data yang dikeluarkan oleh perusahaan Riset Data Reportal menyebutkan bahwa terdapat 370 juta smartphone yang terkoneksi di Indonesia.

Jumlah tersebut tentu lebih banyak dari jumlah penduduk Indonesia yang jumlahnya tidak sampai 300 juta penduduk. Dengan 370 juta ponsel yang ada, pemain game online smartphone menjadi sangat banyak dalam beraneka ragam jenis dan genre game.

Banyaknya pengguna ponsel di Indonesia disebabkan oleh banyak faktor seperti meningkatnya daya beli masyarakat kelas menengah dan banyaknya produksi ponsel murah dengan spesifikasi tinggi. Perusahaan ponsel seperti Xiaomi, Samsung, Oppo dan Vivo menjadi pemasar terbesar produksi ponsel mereka di Indonesia. Bahkan, perusahaan seperti Xiaomi telah membuat pabrik ponsel mereka sendiri di Batam dan dipasarkan langsung tanpa melalui jalur impor.

Persaingan yang begitu ketat ini membuat masyarakat Indonesia dapat menyesuaikan budget mereka dengan  kebutuhan ponsel. Perusahaan pun banyak menggunakan tagline atau jargon ponsel yang bermacam-macam seperti ponsel gaming atau ponsel fotografi untuk menarik pengguna yang memiliki motivasi berbeda dalam memilih smartphone.

Selain itu beberapa faktor yang menyebabkan popularitas game online di Indonesia mendapatkan peningkatan, antara lain:  

 Banyaknya Perusahaan Smartphone Yang Memproduksi Ponsel Gaming

Perusahaan ponsel yang ada di Indonesia antara lain seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Asus, dan Realme berlomba menawarkan ponsel gaming dengan harga yang kompetitif. Brand-brand ini sebisa mungkin mengutamakan kualitas chipset untuk menjalankan game mobile yang memerlukan spesifikasi tinggi seperti PUBG Mobile dan Genshin Impact.

Beberapa merek ponsel telah memiliki pasar sendiri yang terdiri dari para penggemar game mobile seperti Asus Republic of Gamer (ROG), atau Poco seri GT yang dimiliki oleh Xiaomi. Ponsel gaming didesain khusus memiliki kemampuan menjalankan game mobile yang maksimal.

Selain itu, ponsel gaming berkolaborasi dengan game tertentu agar lebih menarik dan menghadirkan ponsel edisi khusus. Contohnya kolaborasi antara League of Legend dengan Oppo, Asus dan Tencent, ataupun Infinix dengan Mobile Legends.

 Turnamen Game Online di Seluruh Indonesia

Dengan animo penggiat game online yang sangat banyak di Indonesia membuat developer game banyak mengadakan turnamen di Indonesia. Sebut saja turnamen seperti Mobile Legend, PUBG Mobile dan Free Fire yang menawarkan hadiah fantastis untuk menunjukkan bahwa game online mobile lebih diminati dibandingkan game PC. Turnamen-turnamen amatir pun lebih banyak menggunakan game mobile karena lebih praktis dalam menarik animo pemain dan penonton.

Adanya turnamen juga menarik fakta bahwa banyak orang kemudian menggantungkan mata pencaharian pada game online. Pendapatan menjadi streamer atau profesional player lebih menguntungkan di era yang serba digital seperti sekarang. Selain itu, menjamurnya komunitas game mobile dari berbagai genre juga dapat menjadi wadah pemain agar semakin berkembang.

Komunitas game ini kemudian berkembang menjadi organisasi yang memiliki nilai jual tinggi. Klub-klub e-Sport terkenal seperti RRQ, EVOS, ataupun Bigetron menjadi organisasi game mobile yang memiliki value sangat tinggi.

Harga Ponsel Yang Lebih Terjangkau daripada PC

Ponsel selain berfungsi sebagai alat komunikasi dapat dijadikan alat hiburan yang lebih praktis. Selain itu ponsel juga lebih murah dibanding harus merakit PC gaming. Hal inilah yang membuat gamer mobile di Indonesia menjadi jauh lebih banyak.

Perusahaan ponsel pun menekan biaya serendah mungkin untuk memproduksi produk ponsel dengan spesifikasi tinggi agar bisa menghasilkan performa gaming yang lebih maksimal tanpa harus mengeluarkan biaya produksi yang tinggi. Kini, Anda tidak perlu mengeluarkan budget berjumlah besar untuk membeli sebuah VGA dan CPU berspesifikasi tinggi karena Anda bisa mendapat performa yang sama pada sebuah smartphone.

Tingginya Waktu Penggunaan Ponsel Masyarakat Indonesia

Menurut data yang dikeluarkan pada tahun 2021, penggunaan ponsel masyarakat Indonesia rata-rata adalah 5,5 jam dalam satu hari. Angka ini merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.

Dengan tingkat penggunaan yang tinggi saat ini, penyumbang paling banyak adalah dari penggiat game online mobile. Di mana dalam satu game setidaknya memerlukan waktu sekitar 10 hingga 30 menit untuk dapat diselesaikan.

Dapat Menjadi Mata Pencaharian

Sebanding dengan tingginya penggunaan ponsel pada masyarakat Indonesia, game online mobile berkembang dari sarana hiburan menjadi mata pencaharian. Banyaknya streamer game yang sukses seperti Jess No Limit ataupun Ikhsan “Lemon” membuat banyak orang untuk tertarik mengikuti jalan sukses mereka.

Selain streamer, banyak pekerjaan lain seperti penjual akun, jasa top up item dalam game, hingga Brand Ambassador. Perkembangan ekosistem game online yang positif ini membuka banyak lapangan pekerjaan di Indonesia dan tentu saja berpengaruh pada peningkatan ekonomi. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews