Kadisdik Armia Inginkan Pentas PAI Jadi Agenda Tahunan Sekolah Dasar di Lingga Peringati Maulid Nabi

Kadisdik Armia Inginkan Pentas PAI Jadi Agenda Tahunan Sekolah Dasar di Lingga Peringati Maulid Nabi

Kepala Dinas Pendidikan Lingga, Armia saat membuka kegiatan Pentas PAI di SDN 006 Lingga, Desa Merawang.

Lingga, Batamnews - Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Lingga, Armia M.IP membuka Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) dalam rangka Peringatan Maulid Nabi 1444 Hijriah yang diselenggarakan di SD Negeri 006 Lingga, Desa Merawang, Rabu (4/10/2022).

Kegiatan diikuti lebih kurang 19 sekolah di Kecamatan Lingga dengan 5 cabang perlombaan diantaranya, Lomba Pidato putra-putri, Hifzil Surah Pendek putra-putri, Shalawat, Adzan dan Busana Muslim serta lomba praktek shalat fardhu.

Adapun tema yang diangkat yakni "melalui kegiatan Pentas PAI diharapkan mampu menumbuhkan kembangkan bakat dan minat peserta didik, membangun kreativitas, sportifitas dan inovasi dalam rangka memperingati generasi yang unggul, mandiri, berdaya saing, serta berakhlakul karimah".

Baca juga: Tekad Wabup Lingga Neko Wesha Pawelloy Muluskan Jalan Senempek-Sambau

"Adapun kegiatan ini dibuat, karena memang anak-anak untuk meningkatkan bakat dan minat, memotivasi anak yang suka hal-hal keagamaan. Kalau yang suka olahraga, kita adakan kompetisi olahraga," ucap Armia pada kesempatan tersebut.

Kegiatan keagamaan yang digelar oleh SDN 006 Lingga tersebut, merupakan yang pertama, dengan pendanaan secara swadaya. Armia menyambut baik, bahwasanya lomba seni keagamaan ini sangat positif.

Sebab menurutnya, kegiatan ini akan mengasah potensi dan bakat peserta, khususnya para anak-anak. Mewakili pemerintah daerah, mengapresiasi atas penyelenggaraan lomba yang dirangkaikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Jadi anak-anak kita paham rekaman jejak Rasulullah. Terimakasih kepada sekolah penyelenggara dan yang sudah berpartisipasi, karena kegiatan ini tidak dianggarkan oleh dinas apalagi sekolah," papar dia.

 

Cabang yang diperlombakan juga berbeda dengan perlombaan STQ maupun MTQ. Kedepannya kegiatan serupa akan diagendakan menjadi kegiatan tahunan yang dilakukan secara bergiliran dari sekolah ke sekolah di setiap kecamatan.

Pelaksanaannya juga lebih meneladani lagi kebiasaan maupun tindakan dari Nabi Muhammad SAW, yang merupakan revolusioner sejati dalam sejarah peradaban umat manusia.

"Pesertanya juga harus anak-anak didik sekolah terkait. Jadi tidak diharuskan memakai peserta dari lain sekolah. Ada atau tidak, memang kita fokuskan itu," papar dia.

Baca juga: Menyantap Lezatnya Kuliner Lingga Lempeng Sagu Dipadu Kuah Ikan Gulai

Kepala dinas juga menekankan agar sekolah mampu memotivasi minat dan bakat anak didik, misalnya keagamaan maupun olahraga. Pemerintah daerah juga telah merencanakan perlombaan-perlombaan sebagai media anak berpartisipasi.

Sementara itu, hal yang sama juga disampaikan Kepala Sekolah SDN 016 Lingga, Saita. Tujuan dari kegiatan ini adalah upaya meningkatkan gerasi yang unggul, mandiri, berdaya saing, serta berakhlakul karimah, terutama pada bidang keagamaan.

Terkait pendanaan kegiatan, dia mengakui dilakukan secara swadaya. Dengan rasa kekeluargaan bersama, tercetus kegiatan yang melibatkan partisipasi banyak sekolah.

"Alhamdulillah. Semangat dari kawan-kawan rekan majelis guru untuk melaksanakan. Banyak bantuan, dari guru yang pernah mengajar di sini. Dari rekan guru yang sudah definitif pegawai kantor. Dari kepala dinas dan lainnya yang tak dapat disebutkan satu persatu. Terimakasih," kata kepala sekolah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews