Ratusan Warga Singapura Tertipu saat Beli iPhone 14 Secara Online

Ratusan Warga Singapura Tertipu saat Beli iPhone 14 Secara Online

Ilustrasi. (Foto: Apple)

Singapura - Ratusan warga Singapura menjadi korban komplotan penipu yang menjual seri terbaru produk Apple, iPhone 14. Kerugian mencapai miliaran rupiah.

Polisi Singapura mencatat setidaknya 118 orang sebagai korban 'scam' sehubungan dengan penjualan iPhone selama minggu pertama bulan ini, demikian dilansir Berita Harian, Rabu (5/10/2022).

Pihak berwenang mengimbau warga Singapura untuk tetap mewaspadai taktik 'penipu' yang meminta pembeli online melakukan pembayaran terlebih dahulu.

Baca: Viral Jual Ginjal Buat Beli iPhone 14, Ini Faktanya

Namun barang yang dibeli tidak pernah sampai ke tangan pembeli.

Menurut polisi Singapura, masyarakat harus menerapkan tindakan pencegahan kejahatan seperti membeli produk elektronik hanya melalui penjual resmi atau bereputasi baik.

Selain itu, pengguna disarankan untuk menggunakan opsi pembayaran yang hanya menyetujui pembayaran setelah menerima barang yang dibeli dan menghindari pembayaran di muka atau transfer uang kepada penjual.

Pada saat yang sama, pengguna harus berhati-hati terhadap 'penipu' yang memberikan penawaran luar biasa jika pembayaran dilakukan langsung kepada mereka.

Baca: Singapura Kirim Jet Tempur F-16 usai Singapore Airlines Dapat Ancaman Bom

Masyarakat juga diingatkan untuk tidak terkecoh dengan taktik 'penipu' yang menunjukkan informasi pribadi mereka untuk membuktikan bahwa mereka memiliki penjual yang sah. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews