NasDem Dukung Anies di Piplres 2024, DPW Kepri Konsolidasi hingga Tingkat RT/RW

NasDem Dukung Anies di Piplres 2024, DPW Kepri Konsolidasi hingga Tingkat RT/RW

Anies Baswedan. (ist)

Batam, Batamnews - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Kepulauan Riau bakal melakukan konsolidasi internal untuk mengenalkan Calon Presiden (Capres) pilihannya ke kader dan simpatisan usai nama Anies Baswedan dipilih sebagai capres 2024.

Sekretaris DPW Partai NasDem Kepri, Muhammad Kamaludin mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti instruksi pimpinan partai untuk mengonsolidasikan Anies hingga ke tingkat bawah.

Ia menambahkan, hal itu dilakukan guna memaksimalkan sosialisasi terhadap Anies sebagai capres pilihan NasDem untuk 2024 mendatang.

Baca juga: Anies Baswedan Jadi Capres, Niluh Djelantik: Selamat Tinggal Partai NasDem

"Kami akan segera menggerakkan mesin partai NasDem hingga tingkat RT, RW di seluruh penjuru Kepri," ujarnya, Selasa (4/10/2022).

Dalam Konsolidasi yang digelar oleh DPW NasDem Kepri bersama DPC Nasdem kabupaten/kota se-Provinsi Kepri, pihaknya juga akan mengoptimalkan strategi pemenangan di pemilu 2024 di tingkat wilayah.

Dalam hal itu, NasDem Kepri akan segera menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) wilayah dan Rakor tingkat daerah di masing-masing kabupaten/kota.

Baca juga: Surya Paloh soal NasDem Capreskan Anies: Why Not The Best?

"Untuk kemenangan di daerah kami sesuaikan hasil konsolidasi partai di masing-masing daerah, sebagai keputusan bersama untuk dilaksanakan bersama, termasuk pemenangan Pileg, Pilpres dan Pilkada. Targetnya kursi legislatif meningkat dibandingkan pencapaian hari ini untuk kepala daerah dimaksimalkan kader NasDem dan untuk presiden sudah jelas instruksi partai," kata Kamal.

Pengaruh Ibu Kota 

Usai diusungnya Anies sebagai capres pilihan NasDem di 2024, pengamat politik menilai, nama Gubernur DKI Jakarta itu dapat mendongkrak kemenangan NasDem Kepri  pada Pemilu mendatang.

Pengurus Nasdem Kepri pun disarankan untuk mengagendakan kunjungan Anies ke Kepri sebagai langkah jelas dan keseriusan partai dalam memenangkannya.

 

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Riau Kepulauan (Unrika), Rahmayandi Mulda mengatakan, deklarasi capres NasDem dapat menyatukan suara dalam Pemilu 2024 dan memanaskan konsolidasi kemenangan pemilu mendatang. 

Untuk di Kepri, pengaruh Anies bahkan diperkirakan bakal memengaruhi perolehan suara NasDem pada pemilihan tingkat legislatif dan kepala daerah.

Menurutnya, citra Anies di Kepri terbilang baik dan cukup populer di kalangan masyarakat. Anies bahkan disebutkannya memiliki pendukung di luar partai untuk Kepri.

"Makanya perlu ada agenda kunjungan Anies ke sini. Mungkin pengaruh positifnya tidak langsung terjadi, tetapi bisa memperkuat hubungan politik menuju 2024," katanya.

Dia menuturkan, sebelum deklarasi Anies sebagai capres, pun NasDem Kepri sudah memiliki pengaruh kuat. Hal itu terlihat dari perolehan enam kursi dari total 45 kursi di DPRD Kepri.

Lebih jauh, deklarasi Anies sebagai capres juga tidak lepas dari budaya politik ketokohan yang masih melekat di masyarakat. Kejadian serupa pun terjadi di Kepri.

Untuk dukungan di Kepri, Rahmayandi menuturkan bisa saja pemilih Joko Widodo pada Pilpres lalu bakal beralih ke Anies Baswedan. Menurutnya, hal itu terlihat dari ketokohan Anies Baswedan yang selama ini dekat dengan pemilih religius nasionalis. 

(jun)
Komentar Via Facebook :