Benarkah Sinyal Kuat Jokowi Dukung Prabowo di Pilpres 2024?

Benarkah Sinyal Kuat Jokowi Dukung Prabowo di Pilpres 2024?

Jokowi dan Prabowo bertemu di Istana (Biro Pers Setpres)

Jakarta - Sejumlah pihak mengamati arah dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari pola gerakan relawannya. Apakah puja puji relawan Pro Jokowi (Projo) terhadap Ketum Gerindra Prabowo Subianto adalah sinyal kuat dukungan Jokowi terhadap Prabowo menuju Pilpres 2024?

Ditanya soal pertanyaan besar ini, Projo tidak mau bicara panjang lebar. Projo hanya menegaskan sikap akan mendukung siapa pun capres yang didukung Jokowi. "Kalau Projo tegak lurus ikut perintah Jokowi. Siapa pun yang didukung Pak Jokowi pasti kita dukung," kata Ketum Projo, Budi Arie via detikom, Rabu (3/8/2022).

Saat ini Projo bersama relawan Jokowi lainnya bersiap menggelar musyawarah rakyat atau Musra. Tujuan dari Musra adalah menghadirkan calon pemimpin penerus Jokowi. Nantinya hasil Musra akan diserahkan kepada Jokowi.

"Musra Indonesia digelar untuk menjaring aspirasi rakyat secara langsung di 34 provinsi. Bandung, Jawa Barat, menjadi kick-off Musra Indonesia," kata Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia, Andi Gani Nena Wea, dalam konferensi pers Musra Bandung di Balai Sartika Kota Bandung, Senin (25/7/2022).

Nah terkait pemilihan Jawa Barat sebagai Musra pertama ini memunculkan spekulasi politik. Terutama terkait kuatnya Prabowo Subianto di Jawa Barat. Sebagai gambaran, pada Pemilu 2019 silam Prabowo-Sandi mendulang 16.077.446 suara di Jawa Barat. Ada pertanyaan usil apakah lokasi pertama memang diarahkan untuk memunculkan Prabowo sebagai pemenang?

Tak satu pun relawan Jokowi mau menjawab spekulasi itu. Namun Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi mengungkap Prabowo sebagai capres yang paling pasti.

"Pak Prabowo itu capres yang pasti, karena yang memenuhi syarat menjadi capres kuat ya Pak Prabowo," kata Budi Arie.

Secara singkat Budi Arie menyebut 5 hal kenapa Prabowo jadi capres paling pasti. Pertama Prabowo adalah Ketua Umum Partai Gerindra yang suaranya besar, hanya memerlukan satu parpol koalisi untuk jadi capres.

"Kedua, Prabowo dinilai menteri yang loyal dan patuh arahan Presiden. Berkomitmen penuh mengawal program Jokowi ke depan salah satunya IKN. Ketiga, sebagai Menhan Prabowo menunjukkan komitmen membangun postur pertahanan yang baik. Keempat Prabowo punya popularitas yang sangat tinggi dan terakhir Prabowo tidak menunjukkan ambisi dan fokus kerja loyal kepada Presiden Jokowi," katanya.

Apakah lima pasal itu adalah sinyal kuat Prabowo bakal jadi capres yang didukung Jokowi di 2024? Kita tunggu sinyal-sinyal berikutnya.

(fox)