Seberapa Besar Peluang Indonesia Kena Sanksi FIFA?

Seberapa Besar Peluang Indonesia Kena Sanksi FIFA?

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan usai pertandingan Arema vs Persebaya. (ist)

Jakarta - Tragedi Kanjuruhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya menjadikan Indonesia berada di posisi tiga dalam jumlah korban tewas sepanjang sejarah sepak bola dunia. Akankah Indonesia mendapat sanksi dari FIFA?

Tragedi Kanjuruhan berada di posisi tiga dalam daftar pertandingan sepak bola paling mematikan, dengan pertandingan di Estadio Nacional, Lima, Peru pada 1964 yang menyebabkan 328 orang tewas ada di posisi pertama.

Dari sepuluh daftar teratas, tak ada satu pun negara yang mendapatkan sanksi dari Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Baca juga: Polda Kepri Gelar Malam Berkabung Tragedi Kanjuruhan, Shalat Ghaib hingga Doa Bersama

Tragedi sepak bola di mana terjadi kerusuhan di Port Said Stadium, Port Said, Mesir pada 2012 juga tak berujung apapun dari FIFA.

Pada Februari 2012, pemerintah Mesir memberhentikan sejumlah pejabat Federasi Sepak Bola Mesir (EFA) imbas kerusuhan yang menyebabkan 74 orang tewas.

Menanggapi intervensi pemerintah ini, Presiden FIFA saat itu Sepp Blatter mengatakan akan berupaya untuk mengembalikan para pejabat EFA tersebut.

Baca juga: Misteri Pintu Stadion Terkunci di Tragedi Kanjuruhan 

Menurut Blatter pemberhentian yang merupakan intervensi pemerintah bertentangan dengan aturan FIFA, seperti dikutip The Guardian.

Pada Juli, sepak bola Mesir malah semakin memburuk dengan lewat pernyataan Menteri Dalam Negeri Mesir yang memberhentikan liga sampai batas waktu yang tidak ditentukan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews