Jadi Bupati Termuda di Kepri, Ini Profil Roby Kurniawan Putra Gubernur Ansar Ahmad

Jadi Bupati Termuda di Kepri, Ini Profil Roby Kurniawan Putra Gubernur Ansar Ahmad

Bupati Bintan, Roby Kurniawan. (Ary/Batamnews)

Bintan, Batamnews - Senin, 3 Oktober jadi hari bersejarah bagi Roby Kurniawan. Ia akhirnya dilantik secara definitif sebagai Bupati Bintan.

Hal itu akan sangat berguna bagi Roby dalam mengambil kebijakan-kebijakan daerah di sisa masa jabatan periode 2021-2024.

Roby sebelumnya menjabat Plt bupati, setelah Apri Sujadi diseret KPK dalam kasus korupsi penetapan kuota rokok dan minuman beralkohol di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas, Kabupaten Bintan periode 2016-2018. 

Baca juga: Sah, Roby Kurniawan Jadi Bupati Bintan Definitif 2021-2024

Pelantikan Roby kian istimewa karena dilantik langsung sang ayah, yakni Gubernur Kepri, Ansar Ahmad di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang. Jabatan Plt sebelumnya juga diterimanya dari Ansar Senin 23 Agustus 2021 lalu. 

Sebagaimana diketahui, Roby merupakan duet Apri Sujadi pada Pilkada 2020. Pasangan Apri-Roby dipercaya masyarakat di 'kepulauan segantang lada' ini.

Belum genap setahun usai memenangkan Pilkada, Apri Sujadi ditahan KPK. KPK menengarai perbuatan Apri menyebabkan negara rugi Rp 250 miliar.

Baca juga: Asrama Mahasiswa Bintan di Pekanbaru Bikin Miris Plt Bupati Roby

Usai penahanan Apri Sujadi, sejumlah kegiatan akhirnya diwakili oleh Roby. Kekosongan jabatan diisinya.

Roby pun mengikuti jejak ayahnya Ansar Ahmad. Sebelum menjabat Gubernur Kepri saat ini, Ansar sempat menakhodai Kabupaten Bintan selama dua periode yakni 2005-2010 dan 2010-2015.

Di bawah kepemimpinan Ansar, Pembangunan di Kabupaten Bintan cukup kentara. Salah satunya yang paling signifikan yakni pembangunan Jalan Lintas Barat yang sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat di Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang.

Selanjutnya: tentang Roby Kurniawan..

 

Roby yang kelahiran 3 Juni 1993, saat ini berusia 29 tahun. Dasar pendidikannya adalah Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota (S.P.W.K.) Universitas Tri Sakti, Jakarta.

Dalam sebuah kesempatan, Roby mengatakan dirinya selalu menekankan soal konsistensi dan keteguhan sikap. Ia pun terus berupaya memegang teguh pesan sang ayah.

"Satu hal yang membanggakan saya soal pesan beliau (Ansar Ahmad) adalah bagaimana menjaga nama baik,” ujar Robby.

Nama besar ayahnya tak dipungkiri memiliki pengaruh dalam perjalanan karier politik Robby. Hal ini tentu menjadi tanggung jawab yang harus diembannya.

Sekilas ke belakang, suami dari Hafizha Rahmadhani ini memulai karier politiknya sebagai Pengurus DPP Partai Golkar yang ditempatkan di Departemen Bidang Hubungan Luar Negeri pada 2016.

Pada 2020, Ketua DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto memberi kepercayaan kepada Robby Kurniawan untuk duduk sebagai Kepala Departemen Bidang Industri DPP Partai Golkar.

Airlangga Hartarto tertarik dengan ide-idenya tentang revolusi industri dan konsep pengembangan usaha kecil menengah yang digagas ayah satu anak ini.

Roby ingin membuktikan kalau dirinya bukan ‘anak kemarin sore’ yang tidak tahu apa-apa.

Ketika dalam perhelatan kontestasi pemilihan umum legislatif tahun 2019 lalu dia memberanikan diri maju sebagai calon anggota DPR RI.

Robby mengambil daerah pemilihan Jakarta II yang meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan wilayah luar negeri.

Robby saat itu ingin membuktikan kiprahnya di dunia politik yang persaingannya cukup keras karena di Dapil tersebut bertengger nama-nama tokoh besar nasional dan tokoh-tokoh penting dan senior dari Partai Golkar.

 

Dengan semangat mudanya berkampanye keliling Jakarta dan luar negeri, ia pun tak gentar. Hasil perhitungan suara yang diperolehnya, juga sudah membuktikan kalau ia bukan anak muda yang biasa.

Meski baru pertama kali mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR RI, namanya bertengger di urutan ke dua dari daftar perolehan suara Caleg DPR RI Dapil Jakarta II dari Partai Golkar saat itu.

Roby hanya kalah tipis dengan Christina Aryani, seorang politisi perempuan senior Partai Golkar saat itu.

Ucapan selamat dari Ansar Ahmad

Gubernur Kepri Ansar Ahmad berharap anaknya tersebut dapat menjalankan tugas dan fungsinya sesuai yang diamanahkan.

"Saya mengucapkan selamat mengemban amanah sebagai Bupati Bintan kepada Roby Kurniawan dan juga terima kasih untuk Bapak Apri Sujadi yang telah membangun Kabupaten Bintan selama ini," kata Ansar usai pelantikan.

Tantangan dan hambatan akan terus datang dan silih berganti. Maka diperlukan kebijakan-kebijakan strategis dalam menghadapi itu semua tentunya untuk sebuah kemajuan.

Seperti kebijakan yang berdampak pada peningkatan perekomomian dan pembangunan. Karena dapat dirasakan langsung untuk mensejahterakan masyarakat. 

"Pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan juga pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Bintan akan terus berkelanjutan. Berikanlah kebaikan bagi masyrakat dalam perekonomian dan juga membuka lapangan pekerjaan," ucapnya.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews