Ratusan Ternak di Karimun Terima Vaksinasi PMK Dosis II

Ratusan Ternak di Karimun Terima Vaksinasi PMK Dosis II

Proses vaksinasi PMK dosis kedua bagi hewan ternak di Kabupaten Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Ratusan hewan ternak di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau mendapatkan vaksinasi dosis II untuk pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK), Selasa (27/9/2022).

Total ada 281 ekor ternak yang terdiri dari sapi dan kambing mendapatkan vaksinasi ini. Jumlah tersebut sesuai dengan ternak penerima vaksin pada 23 Agustus 2022 lalu.

Kepala Sub Koordinator Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Siti Hasanah mengatakan, pelaksanaan vaksinasi PMK Dosis II langsung mendatangi kandang-kandang peternak.

"Hari ini ada tiga tim yang langsung turun melakukan vaksinasi. Jumlah sasaran kami ada 281 ekor, sesuai dengan angka vaksinasi dosis 1," kata Siti Hasanah, Selasa siang.

Baca: Vaksinasi PMK di Karimun Prioritaskan Sapi Betina

Pelaksanaan vaksin juga akan dilakukan hingga ke hewan ternak yahg berada di pulau-pulau.

"Untuk hewan ternak di wilayah Karimun, paling banyak adalah sapi dan juga kambing," ujarnya.

Juga diharapkan, seluruh hewan ternak di Karimun dapat dilakukan vaksinasi PMK, hal itu bertujuan untuk mencegah adanya penyebaran penyakit yang menyerang hewan berkuku belah tersebut.

Disebutkan juga bahwa, hingga saat ini untuk wilayah Kabupaten Karimun masih dalam kategori zona hijau untuk kasus PMK. 

"Sampai hari ini sehat semua, belum ada kami temukan hewan yang terjangkit PMK. Mudah- mudahan tidak ada, kami mau Karimun bebas PMK," katanya.

Baca: Total 393 Ekor Kambing Mati di Batam, Terpapar PMK?

Kemudian, untuk hewan ternak belum bisa keluar masuk dengan bebas. Terutama dari daerah yang terjangkit atau zona kuning atau merah PMK.

"Sampai saat ini lalu lintas keluar masuk hewan ternak jenis sapi belum bisa kita lakukan. Harapan kami, apabila semua hewan telah menerima vaksin, kita bisa memasukkan  hewan ternak dari luar," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews