Wajib Tahu! Ini Cara Cek Penerima BLT Gaji Tahap III yang Cair Minggu Depan

Wajib Tahu! Ini Cara Cek Penerima BLT Gaji Tahap III yang Cair Minggu Depan

ilustrasi.

Jakarta, Batamnews - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan menyalurkan BLT gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap III Rp 600 ribu itu pekan depan.

Program bantuan ini diberikan dalam rangka kenaikan harga BBM, kepada pekerja atau buruh yang memenuhi persyaratan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 10 Tahun 2022.

Untuk mengecek apakah nama kamu masuk sebagai penerima BSU tahap III dapat mengakses bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id dan ikuti panduannya. Atau, kamu juga bisa ikuti langkah sebagai berikut.

Baca juga: 1,3 Juta Penerima BLT BBM Terdeteksi Salah Sasaran

Pertama, kunjungi website Kemnaker di www.kemnaker.go.id. Kedua, melakukan pendaftaran akun bagi yang belum memiliki akun. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.

Ketiga, masuk ke akun SIAPkerja jika sudah memiliki akun. Keempat, lengkapi biodata sesuai dengan formulir yang disediakan.

Kelima, tinggal periksa notifikasi di website tersebut. Adapun tampilan notifikasi terbagi ke dalam tiga bagian:

Baca juga: Hanya 9.438 KPM yang Dinyatakan Layak Terima BLT BBM di Karimun

Tahap 1 - Calon. Pendaftar akan mendapat notifikasi apabila telah terdaftar sebagai calon penerima bantuan subsidi upah sesuai dengan tahapan penyerahan data calon penerima dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

Tahap 2 - Penetapan. Tampilan ini menentukan apakah kamu lolos sebagai penerima BSU atau tidak. "Rekanaker akan mendapat notifikasi apabila telah ditetapkan sebagai penerima bantuan subsidi upah (BSU)," tulisnya.

Tahap 3 - Penyaluran. Kamu akan mendapatkan notifikasi apabila dana bantuan subsidi upah tersalurkan ke rekening bank Himbara (Mandiri, BRI, BNI, BTN) atau Bank Syariah Indonesia (Khusus untuk yang bekerja di wilayah Aceh).'

Lewat PT Pos

Sedangkan penyaluran melalui PT. Pos Indonesia akan disampaikan melalui surat pemberitahuan kepada penerima sebagai dasar pencairan dana BLT.

Perlu diketahui, BLT gaji atau BSU ini telah mencapai tahap III, di mana tahap I dan II sebelumnya telah tersalurkan ke masyarakat.

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan penyaluran bantuan tunai BLT gaji atau BSU tahap III tersebut akan dilakukan pada awal pekan depan selaras dengan proses pemadanan data yang telah selesai dilakukan.

"Kemarin kita sudah melakukan pemadanan data dengan penerima bantuan pemerintah lainnya, PNS dan TNI/Polri. Kita harapkan awal-awal minggu depan sudah bisa diterima," jelas Anwar, kepada detikcom, Sabtu (24/9/2022).

Dihubungi terpisah, Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Dita Indah Sari menyebut penyaluran BLT gaji atau BSU tersebut kemungkinan dimulai pada Selasa depan. "Belum (target waktu penyaluran). Tapi hari Selasa ya sangat mungkin sih," ujar Dita.

Data calon penerima BLT gaji atau BSU tahap III ini ditargetkan BPJS sebanyak 3-4 juta orang. Setelah diterima Kemnaker, data tersebut akan melalui proses pemadanan untuk mencegah agar nantinya tidak terjadi duplikasi penerima bansos. Setelah itu, barulah BLT gaji atau BSU tahap III bisa diteruskan.

"Nggak ada target mingguan (penyalurannya). Pokoknya kalau data dari BPJS masuk langsung kita keroyok cepat-cepat," jelasnya.

(fox)
Komentar Via Facebook :