Hanya 9.438 KPM yang Dinyatakan Layak Terima BLT BBM di Karimun

Hanya 9.438 KPM yang Dinyatakan Layak Terima BLT BBM di Karimun

Penyaluran BLT BBM di Karimun. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Sebanyak 9.438 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) disalurkan Pemerintah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

BLT tersebut telah disalurkan pada PKM yang dinilai layak mendapat bantuan senilai Rp 600 ribu tersebut.

Penyerahan BLT pada penerima dipusatkan di Kantor Pos Indonesia Jl Pramuka, Kecamatan Karimun, Kamis (15/9/2022) pagi yang dilakukan oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Baca juga: Pemko Batam Siapkan Rp 13 Miliar untuk Subsidi dan BLT ke Warga 

Ini merupakan program pemerintah pusat yang disalurkan kepada tiap KPM dengan tujuan untuk meringankan beban mereka dari dampak kenaikan harga BBM.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, terdapat 9.438 KPM di Karimun yang menjadi penerima BLT BBM hingga Desember 2022 mendatang.

"Untuk Kabupaten Karimun, pemerintah pusat menyalurkan pada 9.438 PKM yang tersebar di setiap Kecamatan, penyaluran BLT itu dilakukan secara bertahap tiap bulannya," kata Bupati Rafiq.

Baca juga: 251 KPM di Seilekop Terima BLT BBM dan Sembako

Adapun untuk penyaluran tersebut diketahui sebanyak dua tahap. Yakni tahap pertama disalurkan sebesar Rp 300 ribu pada bulan September dan tahap kedua pada November dengan jumlah Rp 300 ribu.

Penyaluran BLT BBM, kata dia, dipusatkan di kantor Pos terdekat. Namun, jika terjadinya sesuatu halangan yang tidak bisa memungkinkan datang ke kantor Pos, maka petugas akan mengantarkan secara langsung ke tempat tinggal penerima.

"Apabila penerima terkendala datang ke kantor pos dengan alasan seperti kondisi kesehatan, maka petugas yang akan menyalurkan BLT ke rumah penerima," katanya.

 

Pemkab Karimun mengusulkan sebanyak 95.000 KPM agar mendapat BLT ke Pemerintah Pusat.

Hanya saja, hal ini ditentukan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) dalam KPM yang berhak menerima BLT BBM di tiap kabupaten dan kota.

"Jumlah KPM yang kita ajukan sebanyak 95.000 dan yang diterima sebanyak 9.435 KPM. Artinya, itulah yang pemerintah mampu berikan," ucap Bupati.

Adapun rincian jumlah KPM yang menerima bantuan BLT BBM di Kabupaten Karimun, yaitu Kecamatan Belat sebanyak 607 KPM, Buru 1085 KPM, Durai 485 KPM, Karimun 854 KPM, Kundur 956 KPM, Kundur Barat 1314 KPM, Kundur Utara 473 KPM, Meral 850 KPM, Meral Barat 790 KPM, Moro 1209 KPM, Tebing 595 KPM dan Ungar 220 KPM.
 

(aha)