Gempa Megathrust 6,4 Magnitudo Guncang Mentawai, Warga Sempat Mengungsi

Gempa Megathrust 6,4 Magnitudo Guncang Mentawai, Warga Sempat Mengungsi

Ilustrasi. (Foto: ist)

Mentawai - Gempa berkekuatan 6,4 Magnitudo mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada Senin (29/8/2022) sekira pukul 10.29 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, pusat gempa dengan magnitudo 6,4 itu 0.99 Lintang Selatan (LS) dan 98.53 Bujur Timur (BT) atau tepatnya 161 kilometer Barat Laut Mentawai.

"Getaran gempa cukup kuat. Warga sempat mengungsi ke tempat yang lebih tinggi," kata Kepala Kantor SAR kelas B Mentawai Akmal, dilansir langkan---media partner kumparan.

Sebelumnya Mentawai juga diguncang gempa magnitudo 5,9 pada pukul 05.34 WIB. Gempa juga terjadi pada pukul 00.04 WIB dengan magnitudo 5,2.

Baca: Gempa Guncang Mamuju Sulawesi Barat, Sejumlah Bangunan Ambruk

Akmal mengatakan, kondisi Mentawai mulai kondisif dan aman. Warga sudah mulai berangsur untuk kembali ke rumah masing-masing.

"Gempa terjadi 3 kali. Kondisi sampai saat ini aman," ujarnya.

Salah seorang warga Mentawai Patris mengatakan, warga sempat berhamburan keluar rumah karena guncangan gempa 6,4 terasa cukup kuat.

"Terasa berayun sekitar 10 detik. Warga sempat berhamburan," ujarnya yang saat ini berada di Siberut Selatan.

Baca: Gempa Magnitudo 4.5 Guncang Bukittinggi, Warga Berhamburan

Kepala Bidang Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menyebut gempa di Mentawai terjadi di zona megathrust Mentawai-Siberut. Gempat ini terjadi setelah gempa kedua berkekuatan 5,8 magnitudo dan 5,2 magnitudo.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews