Pakar Siber Ragu Bjorka Orang Indonesia

Pakar Siber Ragu Bjorka Orang Indonesia

Pakar Ini Ragu Bjorka Orang Indonesia. Foto: Screenshot situs

Jakarta, Batamnews - Siapa Bjorka dan identitas Bjorka masih dicari banyak orang. Akan tetapi pakar keamanan siber, Alfons Tanujaya dari Vaksincom, ragu bahwa Bjorka adalah orang Indonesia. 

Bjorka sendiri sudah melakukan beberapa aksi penyebaran data pemerintahan dan melakukan doxing kepada pejabat penting.

Alfons pun menyebutkan alasannya ragu bahwa Bjorka adalah orang Indonesia.

Baca juga: Diduga Hacker Bjorka, Pemuda Madiun Diamankan Polisi

"Saya pribadi ragu kalau ini orang Indonesia, meskipun banyak yang bilang kemungkinan besar Bjorka ini orang Indonesia. Risikonya terlalu tinggi kalau dia orang Indonesia atau berdomisili di Indonesia dan melakukan hal ini," kata Alfons via detikom, Kamis (15/9/2022).
 
Menurut Alfons, secara logika pun sudah sulit dicerna jika Bjorka benar-benar orang Indonesia. Sebab demikian, Bjorka sudah bertindak ceroboh.

"Logikanya saja kalau dia orang Indonesia lalu melakukan doxing pejabat dan pakai IP Indonesia, dalam bilangan jam mah terlacak. Hacker yang ngerti tidak akan seceroboh itu," ujarnya.

Baca juga: 5 Fakta Said Fikriansyah, Pemuda Cirebon yang Dituding Sebagai Hacker Bjorka

Baru-baru ini, terjadi penangkapan pemuda di Madiun dengan inisial MAH (21) oleh Tim Cyber Mabes Polri. Dikutip dari detikJatim, MAH merupakan warga Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Madiun. MAH diamankan sekitar pukul 18.30 WIB, Rabu (14/9/2022) kemarin.

Bjorka yang sebelumnya menghilang pun tiba-tiba aktif lagi di Telegram sembari mencantumkan screenshot berita soal penangkapan MAH. Dia mentertawakan dan meledek penangkapan tersebut.

"Pemerintah Indonesia mencariku?" tulisnya.

"Anak ini sekarang ditangkap dan diinterogasi oleh pemerintah Indonesia. Untuk orang Dark Tracer, ini adalah dosa kalian menyediakan layanan palsu ke pemerintah Indonesia dan memberikan informasi yang salah kepada para idiot," ejeknya.

(fox)
Komentar Via Facebook :