Heboh Bjorka, Ternyata Ada Lho Orang Terkaya Dunia yang Dulunya Hacker

Heboh Bjorka, Ternyata Ada Lho Orang Terkaya Dunia yang Dulunya Hacker

Ilustrasi hacker. (Foto: Internet)

Jakarta, Batamnews - Jagat maya Indonesia saat ini tengah dihebohkan dengan kehadiran hacker yang menyebut dirinya Bjorka. Hacker ini mengklaim sederet pencurian data pada berbagai hal dari Indonesia.

Bahkan canggihnya lagi, hacker yang satu ini sampai mengincar data-data pejabat publik.

Sebagaimana diketahui, hacker sendiri merupakan seseorang yang menggunakan komputer atau perangkat elektronik lainnya untuk mendapatkan akses tidak sah pada sebuah database. Data di dalamnya itu lah yang kemudian diakses secara ilegal.

Baca juga: Hacker Bjorka Ungkap Alasan Retas Data Menkominfo RI

Menjadi hacker atau peretas ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan, faktanya dari daftar orang terkaya di dunia ada juga yang pernah menjadi hacker.

Dilansir dari Forbes, Minggu (11/9/2022) ada dua nama beken di daftar orang terkaya dunia yang pernah menjadi hacker. Nama pertama adalah Bill Gates, yang merupakan pendiri dari Microsoft.

Ternyata pada saat Bill Gates baru berusia 15 tahun, dia pernah ketahuan meretas komputer perusahaan besar. Lalu, sebagai akibatnya dia terpaksa berhenti menggunakan komputer selama satu tahun penuh.

Meski pernah menjadi hacker, nyatanya Bill Gates kini telah menjadi miliarder dunia. Dia bertengger di posisi 4 dalam daftar orang terkaya dunia 2022 versi Forbes dengan harta senilai US$ 129 miliar atau sekitar Rp 1.900 triliun (dalam kurs Rp 14.800).

Baca juga: Hacker Bjorka Beber Data Pribadi Menkominfo di Internet

Nama kedua adalah, Mark Zuckerberg yang memulai Facebook pada Februari 2004, ketika ia masih berusia 19 tahun di Harvard.

Mark Zuckerberg disebut pernah melakukan peretasan pada akun email dua reporter buletin kampus Harvard Crimson. Sejarah peretasan Zuckerberg pernah 'dikuliti' secara mendalam oleh media Business Insider.

Bila dulu pernah menjadi peretas, saat ini Mark Zuckerberg justru menjalankan jejaring sosial terbesar di dunia Facebook yang kini memiliki induk usaha bernama Meta.

Kini, Zuckerberg bertengger di posisi 15 dalam daftar orang terkaya di dunia. Hartanya mencapai US$ 67,3 miliar atau sekitar Rp 996 triliun.

(ruz)
Komentar Via Facebook :