Dikaitkan dengan Hal Mistis, Ini Alasan Mengapa Tak Ada Lantai 13 di Hotel

Dikaitkan dengan Hal Mistis, Ini Alasan Mengapa Tak Ada Lantai 13 di Hotel

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Ketika menginap di hotel, Anda tidak akan pernah melihat lantai 13. Demikian pula dengan kamar nomor 13, yang tidak bakal Anda temukan di hotel.

Jika ternyata belum menyadarinya, coba saja saat Anda perhatikan saat harus menginap di hotel. Angka 13 tidak akan Anda temukan, dan ini terjadi di sebagian besar hotel di dunia.

Banyak hotel bahkan tidak memiliki lantai 13. Dan karena ini, ada tombol nomor 14 langsung setelah lantai 12 di lift. Anda mungkin tidak tahu tentang alasan di balik misteri ini.

Baca juga: Tarif Kamar Hotel Bintang Lima di Singapura Tertinggi se-Asia Tenggara, Rp 3,6 Juta Per Malam

Seperti dilansir Travel and Leisure, di negara barat, angka 13 dianggap sebagai angka sial. Ada semacam ketakutan di antara orang-orang mengenai angka 13. Bahkan ada semacam fobia terhadap angka 13 yang disebut Triskaidekaphobia.

Itu sebabnya tidak ada kamar nomor 13 atau lantai 13 di hotel, terutama di negara barat. Lalu, tepat setelah lantai 12, loncat ke lantai 14 dan seterusnya, tidak ada lantai 13.

Karena sebagian besar hotel-hotel dibangun dengan standar internasional, mengingat turis asing menjadi tamunya, jadi seperti negara-negara barat, kamar nomor 13 juga tidak dibangun di hotel-hotel di negara-negara Asia.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa di Hotel Tidak Ada Guling, Baru Sadar Kan?

Hal serupa dilakukan dengan lantai 13, yang sengaja dilewatkan. Hotel tidak menghilangkan lantai 13, tetapi memberi label atau nama lantai secara berbeda.

Kebijakan hotel tidak melibatkan angka 13 sebenarnya juga untuk menghindari tamu yang menderita Triskaidekaphobia. Sebab, penderita fobia ini bisa mengalami kecemasan akut. Selain itu, banyak juga yang tidak nyaman tinggal di lantai 13 dan di kamar nomor 13.

Selain fobia, angka 13 juga identik dengan sebuah takhayul. Berdasarkan pengetahuan umum, ketakutan akan angka 13 berasal dari salah satu teks tertulis dari Kode Hammurabi. Dalam kisah itu disebutkan bahwa para penulis kode meninggalkan hukum ke-13 dalam daftar, tapi daftar tersebut tidak memiliki nomor.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews