Mantap Wak! UMKM Kepri Go Internasional Tampil di Paris

Mantap Wak! UMKM Kepri Go Internasional Tampil di Paris

ist

Batam, Batamnews - Putri Anjani by Prana Living membawa produk UMKM Batam, Kepulauan Riau mewujudkan mimpi go international. Mereka bakal menampilkan produknya di Paris, Perancis pada September 2022.

Tak tanggung-tanggung, mereka akan memperkenalkan produk UMKM Kepri dalam ajang bertajuk Front Row Paris Fashion Show 2022.

Indina Putri, pemilik Prana Living mengungkapkan pihaknya akan membawa Songket Kepri & ornament songket Kepri dalam bentuk bordir.

Baca juga: Pelaku UMKM Kecipratan Berkah di Forum Kapnas II 2022

"Termasuk batik dengan nama koleksi “Lawa” yang dalam bahasa Melayu artinya cantik," kata Indina kepada Batamnews, Rabu (31/8/2022).

Koleksi batik "Lawa" ini, lanjut dia, memunculkan ornament Pucuk Rebung, Tampuk Manggis dan Bunga Kundur sebagai focal point.

Bataik "Lawa" merupakan hasil terbaik dari kolaborasi dari delapan pengrajin, dimana tujuh diantaranya berasal dari Kepulauan Riau.

Baca juga: UMKM Bintan Dapat Suntikan Dana-Mesin Jahit dari KBRI Singapura

Untuk kain songket Kepri, Indina mengatakan produk ini merupakan hasil kolaborasi dengan Tujuh Laksana dari Kundur, Karimun.

"Khusus kain songket yang didesain dengan ukuran tertentu untuk menghindari pemotongan kain. Karena, seyogyanya kain songket pantang untuk digunting," kata Indina. 

Tujuh Laksana juga membuat kain songket dengan ukuran khusus untuk produk sandal/sepatu.

Prana Living Home juga berkolaborasi dengan UMKM lainnya seperti Iluh Craft, Batam, Baleafe Ecoprint Batam dan Totto Craft.

 

"Kemudian dengan Rathe, Lingga modifikasi Tudung Manto, disebut modifikasi karena kami mengubah ukuran tradisionalnya menjadi ukuran yang lebih kecil," ujarnya.

Pihaknya juga menggandeng crafter sisik ikan asal Bintan Utara, Suriati untuk membuat produk bros bunga.

"Bros ini terbuat dari sisik ikan yang diberi pewarna dari pewarna makanan, jadi murni bentuk desain upcycling maritim," kata Indina.

Prana Living Home menyiapkan 1 koleksi “Toraja Paqkadang Pao” yang akan ditampilkan dalam presentasi pada 3 September 2022 di Paris.

Puncaknya, mereka menyiapkan 5 looks koleksi “Lawa“ untuk tampil di acara Front Row Paris Fashion Show 2022 di Là Galerie Bourbon, Paris pada 4 September 2022.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews