Selain Obat Dokter, Ini 5 Cara Ampuh Mengurangi Asam Urat

Selain Obat Dokter, Ini 5 Cara Ampuh Mengurangi Asam Urat

Ilustrasi asam urat (Foto: iStockphoto)

Jakarta, Batamnews - Banyak orang mengidap penyakit asam urat. Banyak juga diantara mereka yang mencari tahu bagaimana cara mengurangi asam urat yang diderita tersebut.

Serangan penyakit ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan membuat pengidapnya tak nyaman lantaran merasakan sensasi seperti terbakar. Sendi yang terinfeksi biasanya akan mengalami pembengkakan, terasa panas, dan nyeri.

Sebagaimana diketahui, penyakit asam urat atau gout merupakan salah satu jenis radang sendi yang kerap terjadi lantaran penumpukan kristal asam urat atau uric acid. Kondisi ini bisa menyerang pada area sendi manapun, seperti pergelangan kaki, jari kaki, lutut, siku, hingga pergelangan tangan.

Asam urat biasanya larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Namun pada kondisi tertentu, asam urat juga bisa menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah tinggi.

Seseorang umumnya akan diresepkan obat oleh dokter ketika mengidap penyakit asam urat. Akan tetapi, penggunaan obat tersebut juga tak terlalu efektif apabila tak dibarengi pola hidup sehat. Berikut sejumlah cara mengurangi asam urat yang bisa dilakukan.

1. Banyak Minum Air Putih

Meningkatkan asupan air membantu menjaga kesehatan ginjal, serta membantu mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh. Asupan cairan harian yang direkomendasikan bervariasi tergantung pada usia, berat badan, jenis kelamin, dan faktor lainnya.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Normal

Cara mengurangi asam urat berikutnya, yaitu menjaga berat badan yang sehat melalui diet atau olahraga tertentu. Menurut penelitian, penurunan berat badan yang berlebihan secara bertahap adalah cara yang efektif untuk mengurangi risiko asam urat tinggi.

3. Hindari Makanan Pemicu Asam Urat

Hindari makanan yang dapat memicu serangan asam urat. Beberapa makanan yang perlu dihindari, di antaranya daging merah, makanan laut, jeroan, serta minuman dan makanan manis.

4. Hindari Obat-obatan Pemicu Asam Urat

Selain makanan, hindari juga meminum obat yang diyakini sebagai pemicu asam urat, seperti obat diuretik hingga obat yang berhubungan dengan hiperurisemia (peningkatan kadar asam urat dalam darah).

5. Berolahraga

Bisa juga berolahraga secara teratur setiap hari sebagai cara mengurangi asam urat. Ada sejumlah pilih olahraga yang bisa dilakukan, yaitu berjalan kaki, bersepeda, dan berenang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews