Kompor Meledak Jadi Sebab Dapur Warga di Bintan Ludes Terbakar

Kompor Meledak Jadi Sebab Dapur Warga di Bintan Ludes Terbakar

Kebakaran menghanguskan dapur rumah warga di Kecamatan Mantang, Bintan akibat kompor meledak

Bintan - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan telah melakukan pengecekkan dan pendataan terhadap musibah kebakaran yang meludeskan warga di Desa Mantang Baru, RT 001/RW 001, Kecamatan Mantang.

Dari hasil pengecekan, tidak seluruh bagian rumah yang dihuni warga bernama Majunah itu yang terbakar. Begitu juga dengan barang-barangnya. Hanya yang berada di bagian dapur hangus.

Baca juga: Goreng Kerupuk Ditinggal, Rumah Seorang Janda di Bintan Hangus

Kepala BPBD Bintan Ramlah mengatakan, kebakaran itu terjadi akibat kompor berbahan minyak tanah yang digunakan korban untuk menggoreng kerupuk meledak. Lalu api menyambar bagian dapur yang terbuat dari bahan kayu hingga ludes.

"Jadi api itu berasal dari ledakan kompor. Kemudian menyambar ke seluruh bagian dapur yang terbuat dari bahan kayu tersebut," ujar Ramlah, Sabtu (20/8/2022).

Ketika kobaran api itu membesar. Warga beramai-ramai berusaha memadamkannya. Sehingga hanya bagian dapur saja yang ludes terbakar. Sementara rumah induk bagian depannya tidak terbakar.

Baca juga: Labfor Selidiki Kebakaran Kosan di Nagoya Newtown Batam

"Kobaran api membakar bagian dapur. Lalu dipadamkan warga sehingga tidak merambat ke bagian depan atau rumah induknya," jelasnya.

BPBD masih melakukan pendataan. Jadi belum diketahui secara pasti kerugian yang dialami korban. Sambil berjalan, pihaknya juga memberikan bantuan logistik untuk korban. Seperti sembako, peralatan dapur dan lainnya. Kemudian juga akan ada perbaikan rumah dengan cara pengajuan proposal.

"Untuk sembako itu isinya beras, gula, susu,  roti, indomie, minyak goreng dan lainnya. Kemudian peralatan dapur. Nantinya akan ada tim verifikasi datang untuk pengecekan setelah itu dilakukan perbaikan bagian rumah yang ludes terbakar," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews