Demi Kibarkan Merah Putih, Pelajar SD Ini Nekat Panjat Tiang Bendara

Demi Kibarkan Merah Putih, Pelajar SD Ini Nekat Panjat Tiang Bendara

Pelajar SD di Maros Panjat Tiang Bendera saat tali putus.

Maros - Seorang siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lappawarue, Maros bernama Yayan Kurniawan menjadi perhatian saat videonya memanjat tiang bendera viral di media sosial (medsos). Dia nekat memanjat tiang bendera untuk menarik tali bendera yang putus.

Pembina Pramuka Maros, Rizal membenarkan terkait video Yayan yang nekat memanjat tiang bendera demi menarik tali yang putus. Rizal mengungkapkan kejadian tersebut saat upacara hari pramuka dan rangkaian HUT ke-77 RI di Lapangan Puang Kelo, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Minggu (14/8/2022).

"Saat upacara itu tali bendera putus dan tersangkut di ujung tiang. Beberapa orang sudah mencoba untuk memanjat tiang bendera, tetapi tidak berhasil karena tiangnya licin dan juga kondisi hujan," bebernya kepada wartawan, Selasa (16/8/2022).

Saat usaha beberapa orang gagal memanjat, saat itu Yayan muncul dari barisan tengah dan berhasil memanjat tiang.

"Padahal saat itu kondisi tiang goyang akibat angin. Kita khawatir dia akan jatuh sehingga ada orang yang berjaga di bawahnya dan alhamdulillah dia berhasil memanjatnya dan menarik tali yang putus," bebernya.

Seluruh peserta upacara bertepuk tangan riuh. Beberapa diantaranya berteriak agar Yayan berhati-hati. Apalagi kondisi cuaca saat kejadian sedang tak bersahabat.

Sementara itu, Camat Mallawa, Kamaluddin Syam mengaku aksi Yayan hang berani memanjat tiang bendera untuk menarik tali yang putus diapresiasi peserta upacara yang hadir saat itu. Bahkan, aksi heroik Yayan mengundang decak kagum Bupati Maros, Chaidir Syam.

"Bapak bupati sampai ingin mengundang Yayan agar hadir saat upacara 17 Agustus besok. Katanya akan ada hadiah dari bapak bupati," tuturnya.

Terpisah, Bupati Maros, Chaidir Syam membenarkan akan mengundang siswa kelas IV SD itu secara khusus untuk hadir saat upacara bendera peringatan HUT ke-77 RI di Lapangan Pallantikang setelah melihat video heroik memanjat tiang bendera. Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga akan memberikan hadiah kepada Yayan.

"Saya bangga aksi heroiknya memanjat tiang bendera. Dia seperti pahlawan masa kini dan akan ada reward untuk dia," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews