Perayaan HUT ke-77 RI di Kota Batam: Ada Pawai Obor Hingga Permainan Rakyat

Perayaan HUT ke-77 RI di Kota Batam: Ada Pawai Obor Hingga Permainan Rakyat

Ilustrasi pawai obor peringatan HUT Kemerdekaan RI di Batam.

Batam, Batamnews - Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Kota Batam, Kepulauan Riau berlangsung seperti tahun sebelumnya. Berbagai rangkaian kegiatan untuk memperingati kemerdekaan RI telah disiapkan. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin menyebutkan berbagai kegiatan untuk HUT ke-77 RI di tingkat Kota Batam di antaranya, pawai pembangunan yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2022. 

Kemudian pada tanggal 16 Agustus malam akan dilaksanakan pawai obor setelah salat maghrib dan renungan suci, tepat pada tengah malam pukul 24.00 WIB. 

Keesokan harinya akan dilaksanakan detik-detik proklamasi dengan upacara kenaikan bendera merah putih di Dataran Engku Putri. 

“Penanggung jawab penaikan bendera hingga penurunannya adalah dari Lanud Hang Nadim,” ujar Jefridin, Jumat (12/8/2022). 

Setelah upacara kenaikan bendera, dilanjutkan dengan remisi yang dilaksanakan di Lapas Barelang. Lalu pada malam harinya, akan ada malam resepsi. 

“Besoknya ditutup dengan acara pramuka, seluruh panitia hadir dalam setiap persiapan dan pada hari-H, semoga tidak ada halangan,” katanya. 

Namun untuk perayaan HUT ke-77 RI di tingkat kecamatan akan dimeriahkan dengan kegiatan yang cukup banyak. 

Di Kecamatan Belakangpadang misalnya,  perayaan HUT ke-77 RI akan diisi dengan berbagai permainan rakyat. Adapun permainan rakyat yang akan diselenggarakan yaitu lomba panjat pinang di tengah laut, lomba bakiak, tarik tambang, lomba bulutangkis, sepak takraw, dan domino. 

“Pada tanggal 17 Agutus, akan ada lomba bot pancung, lomba sampan layar dan lomba boat penambang antara Pulau Belakang Padang dengan Pulau Sambu,” ujar Camat Belakangpadang, Yudi Admajianto.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews