PT Timah Kenalkan Cara Tanam Hidroponik ke Emak-emak Pulau Stunak

PT Timah Kenalkan Cara Tanam Hidroponik ke Emak-emak Pulau Stunak

Kalangan emak-emak di Pulau Stunak, Karimun belajar cara bercocok tanam hidroponik. (Foto: ist)

Karimun, Batamnews - Program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan PT Timah Tbk, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, terus dilakukan.

Emiten berkode TINS ini, secara konsisten memberdayakan masyarakat sesuai dengan potensi yang dimiliki dan pengembangan ekonomi masyarakat lokal.

Seperti di Pulau Stunak, Desa Tulang, Kecamatan Selat Gelam, Kabupaten Karimun. Program pemberdayaan masyarakat yang menyasar kelompok wanita untuk pertanian sayuran dengan metode hidroponik. 

Pulau Stunak memiliki kultur tanah yang dinilai tidak cocok untuk pertanian lantaran kondisinya dekat dengan laut serta kontur tanah dengan bukit bebatuan dan didominasi rawa.

Warga setempat yang umumnya bekerja sebagai nelayan. Selama ini, untuk mendapatkan sayur-sayuran dan kebutuhan pangan lainnya, harus pergi membeli ke luar pulau seperti ke Selat Beliah dan Tanjung Balai Karimun. 

Seorang peserta yang mengikuti program, Aisyah, mengaku senang dengan program pengembangan hidroponik yang diberikan oleh PT Timah, yang diharapkan dapat membantu untuk memperoleh sayuran.

"Tentu saya sangat senang dengan program ini, apalagi setiap hari mengonsumsi sayuran. Semoga program ini bisa berhasil dan sukses sehingga masyarakat pulau stunak dapat mandiri dalam menyediakan kebutuhan sayuran untuk keluarga yang baik dan juga sehat," katanya, Jumat (12/8/2022).

Dia dan ibu-ibu lainnya, sangat berharap program tersebut dapat membuahkan hasil, dan nantinya bisa memenuhi kebutuhan sayuran untuk konsumsi rumah tangga. 

"Selama ini sayur untuk konsumsi sehari-hari kita beli dari Selat Beliah dan kita juga harus menyebrang dulu. Menurut saya program ini sangat baik dan bagus sesuai dengan kondisi masyarakat di sini," ujar Aisyah.

Dalam mengembangkan program, para wanita di Pulau Stunak tidak hanya diberikan pendampingan dalam pengenalan tentang hidroponik saja, melainkan juga membuat nutrisi untuk tumbuhan.

PT Timah juga melengkapi sarana dan prasarana dalam menjalankan usaha pertanian hidroponik.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews